HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS BUDI UTOMO KOTA SEMARANG
Nike Indah Yuni, 1401417259 (2021) HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS BUDI UTOMO KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Keberadaan fasilitas belajar dan minat belajar siswa menjadi salah satu faktor penyebab ketercapaian hasil belajar. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V SDN Gugus Budi Utomo Kota Semarang dapat diketahui bahwa masih terdapat fasilitas belajar yang belum lengkap dan jumlahnya terbatas. Minat siswa dalam muatan pembelajaran IPS tergolong masih kurang sehingga menyebabkan hasil belajar IPS beberapa siswa kurang memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yang ditetapkan. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk menguji hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Budi Utomo Kota Semarang; (2) untuk menguji hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Budi Utomo Kota Semarang; (3) untuk menguji hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Budi Utomo Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Budi Utomo Kota Semarang yang berjumlah 124 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh yaitu semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis data awal yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas. Kemudian analisis data akhir menggunakan uji korelasi sederhana dan korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) adanya hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS ditunjukkan dengan nilai rhitung sebesar 0,253 > rtabel sebesar 0,176 dan berkontribusi sebesar 6,4%. (2) adanya hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar IPS ditunjukkan dengan nilai rhitung sebesar 0,435 > rtabel sebesar 0,176 dan berkontribusi sebesar 18,9%. (3) adanya hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas dan minat belajar dengan hasil belajar IPS ditunjukkan dengan nilai rhitung sebesar 0,480 > rtabel sebesar 0,176 dan berkontribusi sebesar 23,1%. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas dan minat belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Budi Utomo Kota Semarang. Saran yang diberikan bagi guru hendaknya dapat melakukan pembelajaran yang interaktif dengan memanfaatkan fasilitas belajar yang tersedia dan menumbuhkan minat belajar pada diri siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar yang diperoleh siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | fasilitas belajar, hasil belajar IPS, minat belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Outcomes L Education > Educational Institutions > learning facilities L Education > Special Education > Primary school education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kharisma ADHIARYA |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 01:23 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 01:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50946 |
Actions (login required)
View Item |