ANALISIS CROWE’S FRAUD PENTAGON THEORY DALAM MENDETEKSI FRAUDULENT FINANCIAL STATEMENT DENGAN FIRM SIZE SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2015-2019)


Fita Triani, 7211417061 (2021) ANALISIS CROWE’S FRAUD PENTAGON THEORY DALAM MENDETEKSI FRAUDULENT FINANCIAL STATEMENT DENGAN FIRM SIZE SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2015-2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211417061 - Fita Triani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Laporan keuangan menampilkan informasi keuangan yang berguna bagi para pemakai laporan keuangan dalam pengambilan keputusan. Namun seringkali informasi keuangan yang ditampilkan masih terdapat salah saji. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh financial target, nature of industry, change in auditor, change in director, dan appearance fraequency of CEO image terhadap fraudulent financial statement serta peran firm size dalam memoderasi hubungan tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2015-2019 sebanyak 20 perusahaaan. Sampel penelitian ini sebanyak 13 perusahaan yang diperoleh dengan metode purposive sampling sehingga dihasilkan 65 unit analisis. Metode analisis yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA) dengan alat analisis aplikasi IBM SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nature of industry dan change in auditor berpengaruh negatif terhadap fraudulent financial statement. Sedangkan financial target, change in director, dan appearance frequency of CEO image tidak berpengaruh terhadap fraudulent financial statement. Selain itu, firm size terbukti mampu memperlemah hubungan nature of industry dan change in directorterhadap fraudulent financial statement. Firm size tidak mampu memoderasi hubungan financial target, change in auditor, dan appearance frequency of CEO image terhadap fraudulent financial statement. Simpulan penelitian ini adalah nature of industry dan change in auditor berpengaruh negatif terhadap fraudulent financial statement. Firm size terbukti mampu memperlemah hubungan nature of industry dan change in directorterhadap fraudulent financial statement. Penelitian ini menyarankan kepada para pengguna laporan keuangan terutama investor untuk memperhatikan nature industry dan change in auditor yang rendah karena mengindikasikan adanya potensi kecurangan laporan keuangan yang tinggi. Bagi penelitian selanjutnya dapat menggunakan pengukuran yang lain untuk mendeteksi faktor-faktor yang mempengaruhi fraudulent financial statement

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: fraudulent financial statement, financial target, nature of industry, change in auditor, change in director, appearance fraequency of CEO image, firm size.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 03 Aug 2022 07:00
Last Modified: 03 Aug 2022 07:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50924

Actions (login required)

View Item View Item