ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM PENGGUNAAN SISTEM ELENA


Nisa Ulfianti, 7101417271 (2021) ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM PENGGUNAAN SISTEM ELENA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101417271 - Nisa Ulfianti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kepuasan pengguna sistem informasi sangatlah menentukan suatu sistem dikatakan sukses atau tidak. Pengguna akan merasa puas jika informasi yang disajikan sesuai dengan kebutuhan dan harapan. Berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa sejumlah 63,44% responden memilih kurang puas terhadap Elena UNNES atau dapat dikatakan kepuasan pengguna Elena UNNES belum maksimal. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial antara kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, dan persepsi kemudahan pengguna (mahasiswa) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang pada Elena. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 845 mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2017 UNNES. Sampel sebanyak 272 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah area proporsional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan deskriptif presentase dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menujukkan bahwa persamaan regresi linier berganda adalah Y = 9,051 + 0,168X1 + 0,078X2 + 0,594 X3 + 0,464X4 + e. Hasil pengaruh secara simultan antara kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan dan persepsi kemudahan pengguna terhadap kepuasan pengguna Elena UNNES sebesar 23% . Simpulan dari penelitian ini adalah kualitas sistem tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, kualitas informasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, dan persepsi kemudahan pengguna berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Persepsi Kemudahan Pengguna, Kepuasan Pengguna.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 03 Aug 2022 06:24
Last Modified: 03 Aug 2022 06:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50919

Actions (login required)

View Item View Item