PENGARUH PENGETAHUAN PERKOPERASIAN, KUALITAS PELAYANAN, DAN MOTIVASI ANGGOTA TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA DENGAN LOKASI USAHA SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PRIMKOPPOL POLRESTABES SEMARANG


Lu’lu’il Maknun, 7101416280 (2021) PENGARUH PENGETAHUAN PERKOPERASIAN, KUALITAS PELAYANAN, DAN MOTIVASI ANGGOTA TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA DENGAN LOKASI USAHA SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PRIMKOPPOL POLRESTABES SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416280 - LULU MAKNUN.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Partisipasi anggota dalam koperasi berarti mengikutsertakan anggota koperasi kegiatan koperasi untuk mencapai tujuan bersama. Semakin banyak dan aktifnya anggota koperasi, maka semakin besar peluang usaha koperasi untuk maju dan berkembang sehingga dapat bersaing dengan usaha lain. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran lokasi usaha dalam memoderasi pengetahuan perkoperasian, kualitas pelayanan, dan motivasi anggota terhadap partisipasi anggota. Metode penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Desain penelitan ini menggunakan desain penelitian kausalitas. Populasi dalam penelitian ini seluruh anggota “PRIMKOPPOL”. Data di analisis menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji asumsi klasik meliputi uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas, uji hipotesis meliputi uji moderate regretion analysis (MRA), uji F, uji t dan koefisien determinan simultan (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pengetahuan perkoperasian terhadap partisipsi anggota. Tidak ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap partisipasi anggota. Ada pengaruh motivasi anggota terhadap partisipasi anggota. Lokasi usaha tidak memoderasi pengetahuan perkoperasian terhadap partisipasi anggota. Lokasi usaha tidak memoderasi kualitas pelayanan terhadap partisipasi anggota. Lokasi usaha tidak memoderasi motivasi anggota terhadap partisipasi anggota. Saran yang diberikan bagi pihak koperasi dalam penelitian ini adalah koperasi untuk lebih meningkatkan kegiatan yang dapat memicu keikutsertaan anggota atau mewajibkan semua anggota untuk mengikuti setiap pelatihan yang dilaksanakan, menekankan peraturan karyawan yang dibuat agar dapat memberikan kualitas pelayanan yang maksimal dan mendorong motivasi anggota yang menimbulkan keinginan dan kemauan anggota untuk berpartisipasi aktif dalam koperasi. setelah motivasi muncul maka anggota ikut serta dalam kegiatan berkoperasi, sehingga dapat merasakan kegiatan yang ada dalam koperasi tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Perkoperasian, Kualitas Pelayanan, Motivasi Anggota, Partisipasi Anggota, Lokasi Usaha.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Socio-economic
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:33
Last Modified: 03 Aug 2022 04:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50913

Actions (login required)

View Item View Item