PENGARUH TAKTIK GIVE AND GO DENGAN MENERAPKAN SIMULASI SHOT CLOCK SEBAGAI BENTUK PROBLEM SOLVING ATLET DI KLUB PRAPANCA BASKETBALL KABUPATEN TEMANGGUNG


Chris Maudytia, 6211416037 (2021) PENGARUH TAKTIK GIVE AND GO DENGAN MENERAPKAN SIMULASI SHOT CLOCK SEBAGAI BENTUK PROBLEM SOLVING ATLET DI KLUB PRAPANCA BASKETBALL KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6211416037 - CHRIS MAUDYTIA.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kegagalan menyerang dalam pertandingan bola basket dapat diakibatkan oleh kondisi psikologis para atlet yang kurang baik serta kurang mahirnya penggunaan taktik. Dalam pertandingan bola basket waktu penyerangan merupakan salah satu tekanan yang didapat oleh atlet. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh taktik give and go dengan simulasi shot clock sebagai bentuk problem solving atlet bola basket. Penelitian ini digunakan jenis desain penelitian pra-eksperimental dengan rancangan One Group Design (pre test dan post test). Pengumpulan data dibantu dengan penggunaan kuesioner dan Game Performance Assessment Instrument. Sample merupakan atlet laki-laki bola basket klub prapanca basketball Temanggung berjumlah 15 anak dengan rentang usia 12-16 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap permainan bola basket diantaranya pada pengambilan keputusan, kemampuan individu, dan pergerakan tanpa bola saat menyerang. Sedangkan, pada pergerakan bertahan tidak ada pengaruh yang berarti. Persentase yang didapat yaitu pengambilan keputusan 79.2%, kemampuan individu 72.73%, pergerakan bertahan 28.6%, dan pergerakan tanpa bola saat menyerang yaitu 60.7%. Persentase yang didapatkan pada hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan namun belum dapat dikatakan mendekati pada nilai maksimal setiap atlet. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat peningkatan pergerakan atlett dalam penyerangan tanpa bola, menunjang pemecahan masalah, terdapat perubahan emosi dan ketahanan psikologis serta peningkatan kualitas pengambilan sehingga dapat diketahui bentuk problem solving seorang atlet bola basket.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bola basket, Problem solving , Taktik Give and go, Decision Making
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:09
Last Modified: 03 Aug 2022 04:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50910

Actions (login required)

View Item View Item