PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SISTEM EFI BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA PADA PRAKTIK SEPEDA MOTOR DAN MOTOR KECIL


Lukman Abidin, 5202416042 (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SISTEM EFI BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA PADA PRAKTIK SEPEDA MOTOR DAN MOTOR KECIL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202416042 - Lukman Abidin.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Praktik sistem EFI sepeda motor merupakan salah satu kompetensi dasar yang perlu dipahami mahasiswa dalam mata kuliah Praktik Sepeda Motor dan Motor Kecil. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Modul Android untuk meningkatkan hasil belajar (pemahaman) siswa, mengetahui kelayakan, dan tanggapan siswa terhadap Modul Android system EFI yang dikembangkan. Model pengembangan Modul Android ini menggunakan pengembangan ADDIE. Model ini terdiri dari 5 tahap, yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre�Experimental Design (nondesign) dengan model eksperimen one group pretest�posttest design. Jenis data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif. Analisis data menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan signifikansi antara pretest dan posttest, kemudian selanjutnya uji n-gain untuk ranah kognitif agar diketahui peningkatan hasil belajar masuk dalam kategori rendah, sedang, atau tinggi. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa Moudl Android system EFI sepeda motor yang dapat membantu siswa dalam memahami dan menerapkan materi system EFI sepeda motor dengan baik. Modul Android ini memiliki gambar, video, audio, dan animasi didalamnya sehingga lebih menarik dan variatif. Berdasarkan hasil penelitian, Modul Android dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari selisih nilai rata-rata pretest-posttest sebesar 17. Uji-t menunjukkan nilai thitung = 12,7 dan 13,830 > ttabel = 2,05. Peningkatan hasil belajar siswa diperoleh rata-rata uji N-Gain= 0,5 dengan kriteria peningkatan sedang. Berdasarkan hasil uji kelayakan produk diperoleh persentase 85% untuk ahli media dan 87% untuk ahli materi, sehingga Modul Android yang dikembangkan memenuhi kategori sangat layak. Analisis tanggapan siswa terhadap Modul Android diperoleh sebesar 82,3% termasuk kategori sangat baik, sehingga dapat disimpulkan Modul Android membantu siswa dalam memahami materi system EFI sepeda motor.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, EFI, Modul, Pemahaman
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 03 Aug 2022 03:36
Last Modified: 03 Aug 2022 03:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50906

Actions (login required)

View Item View Item