PEMBINAAN PRESTASI KLUB BULUTANGKIS PB ADH RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG


Meylinda Ariskiana, 6211417018 (2021) PEMBINAAN PRESTASI KLUB BULUTANGKIS PB ADH RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PEMBINAAN PRESTASI KLUB BULUTANGKIS PB ADH RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG] PDF (PEMBINAAN PRESTASI KLUB BULUTANGKIS PB ADH RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam cabang olahraga permainan bulutangkis, pembinaan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan prestasi. Pembinaan merupakan tindakan atau usaha yang berguna untuk memperoleh hasil yang lebih baik. Untuk membentuk atlet yang berprestasi sangat diperlukan pembinaan yang maksimal, diperlukan faktor penunjang untuk membina atlet yang meliputi pembinaan yang terstruktur, terprogram serta terarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembinaan prestasi yang dilakukan oleh PB ADH terhadap atlet bulutangkis yang meliputi pembinaan prestasi, sistem kepengurusan dan organisasi, serta sarana dan prasarana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di PB ADH Randudongkal Kabupaten Pemalang. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan Triangulasi data. Teknik analisa data menggunakan reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pembinaan prestasi yang ada di PB ADH sudah berjalan dengan baik, 2) PB ADH memiliki susunan sistem keorganisasian dengan baik, 3) sarana dan prasarana yang dimiliki oleh PB ADH cukup memadai. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pembinaan prestasi di PB ADH Randudongkal sudah berjalan dengan baik, prestasi yang diraih oleh atlet PB ADH terbilang sukses, hal ini terbukti dibeberapa turnamen yang berhasil dimenangkan baik tingkat kabupaten maupun karesidenan, sarana dan prasarana yang terdapat di PB ADH sudah memadai guna keperluan proses pembinaan atlet. Meski PB ADH belum memiliki lapangan bulutangkis sendiri, tidak mengganggu jalannya latihan karena lapangan bulutangkis tempat latihan yang digunakan PB ADH memiliki dua lapangan serta terdapat fasilitas mendukung berupa ruang ganti atlet, toilet, dan mushola.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Prestasi, Atlet, Bulutangkis
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 03 Aug 2022 05:48
Last Modified: 03 Aug 2022 05:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50902

Actions (login required)

View Item View Item