PENGEMBANGAN E-MODUL BERMUATAN CRITICAL PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI TERMOKIMIA TERINTEGRASI ETNOSAINS
Fatmi Sri Hastani, 4301417032 (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL BERMUATAN CRITICAL PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI TERMOKIMIA TERINTEGRASI ETNOSAINS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah (CPS) termasuk ke dalam kompetensi abad 21 yang ditekankan pada K13. Akan tetapi kemampuan tersebut masih rendah karena kurang ditekankan pada pembelajaran. Salah satu perangkat yang dapat dijadikan sarana melatih siswa pada kedua hal tersebut adalah melalui e-modul. Pembekalan CPS melalui e-modul lebih bermakna jika mengintegrasikan materi dengan etnosains. Pada penelitian ini telah dikembangkan e-modul yang bertujuan untuk membekali kemampuan CPS siswa melalui metode R&D. Nilai kelayakan e-modul masing-masing sebesar 88,26% (ahli materi) dan 92% (ahli media) sedangkan nilai kepraktisannya sebesar 81,78%. Berdasarkan hasil analisis nilai kelayakan dan kepraktisan dapat disimpulkan bahwa e-modul hasil pengembangan layak dan praktis digunakan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Critical Problem Solving, Etnosains |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Development of Learning Media L Education > Special Education > Chemistry Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Kharisma ADHIARYA |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 03:16 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 03:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50899 |
Actions (login required)
View Item |