PENGEMBANGAN E-MODUL BERMUATAN CRITICAL PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI TERMOKIMIA TERINTEGRASI ETNOSAINS


Fatmi Sri Hastani, 4301417032 (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL BERMUATAN CRITICAL PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI TERMOKIMIA TERINTEGRASI ETNOSAINS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301417032 - fatmi fani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah (CPS) termasuk ke dalam kompetensi abad 21 yang ditekankan pada K13. Akan tetapi kemampuan tersebut masih rendah karena kurang ditekankan pada pembelajaran. Salah satu perangkat yang dapat dijadikan sarana melatih siswa pada kedua hal tersebut adalah melalui e-modul. Pembekalan CPS melalui e-modul lebih bermakna jika mengintegrasikan materi dengan etnosains. Pada penelitian ini telah dikembangkan e-modul yang bertujuan untuk membekali kemampuan CPS siswa melalui metode R&D. Nilai kelayakan e-modul masing-masing sebesar 88,26% (ahli materi) dan 92% (ahli media) sedangkan nilai kepraktisannya sebesar 81,78%. Berdasarkan hasil analisis nilai kelayakan dan kepraktisan dapat disimpulkan bahwa e-modul hasil pengembangan layak dan praktis digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Critical Problem Solving, Etnosains
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 03 Aug 2022 03:16
Last Modified: 03 Aug 2022 03:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50899

Actions (login required)

View Item View Item