PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC SCIENCE INTERACTIVE LEARNING WITH SCRATCH (ECILS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP


Niken Ayu Lestari Bondan Jatiningsih, 4001417053 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC SCIENCE INTERACTIVE LEARNING WITH SCRATCH (ECILS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001417053 - Niken Ayu Lestari Bondan Jatiningsih.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Proses pembelajaran perlu didukung oleh media pembelajaran. Media pembelajaran memberikan dampak positif terhadap kemampuan membaca. Hasil PISA 2018 menunjukkan bahwa kemampuan membaca peserta didik Indonesia masih rendah. Kemampuan membaca mempengaruhi kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis peserta didik masih rendah. Maka dari itu, diperlukan media yang dapat melatihkan kemampuan berpikir kritis. Faktanya, media pembelajaran yang digunakan di SMP N 3 Blora masih berupa video dan power point. Media tersebut tidak memuat aspek kemampuan berpikir kritis, sehingga diperlukan media yang dapat melatihkan kemampuan berpikir kritis agar kemampuan berpikir kritis peserta didik tidak menurun saat pembelajaran daring. Pengembangan media tersebut dapat berbentuk e-comic yang terintegrasikan dengan model pembelajaran PBL. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-comic science interactive learning with scratch (eCILS) berbasis PBL, menganalisis karakteristik eCILS, menguji validitas eCILS, dan mengetahui respon pengguna. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan prosedur pengembangan 4D. Prosedur pengembangan 4D meliputi define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini hanya dilakukan hingga tahap develop karena pandemi. Data penelitian berupa data karakteristik eCILS, validitas eCILS, dan respon peserta didik. Data penelitian dianalisis menggunakan rumus P = f/N × 100%. Penelitian ini telah mengembangkan media eCILS berbasis PBL. Pengembangan media eCILS dilakukan secara bertahap. Tahap tersebut yaitu tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Proses pengembangan juga dilakukan berdasarkan saran validator. Media eCILS adalah media pembelajaran berbentuk e-comic yang mempunyai karakteristik (a) dilengkapi dengan daftar pustaka, (b) sesuai dengan sintaks PBL, (c) dapat melatih kemampuan berpikir kritis, (d) cerita yang ditampilkan sesuai dengan kehidupan sehari-hari, (e) dilengkapi dengan petunjuk penggunaan, dan (f) sesuai dengan karakteristik media pembelajaran interaktif. Media eCILS dinyatakan sangat valid oleh validator dengan rata-rata capaian 95,63% pada aspek materi dan 94,38% pada aspek media.Respon peserta didik terhadap eCILS sangat baik dengan capaian 82,15%. Saran dari penelitian ini adalah apabila ingin menggunakan media sebaiknya juga didampingi dengan referensi lain, kata berpikir kritis pada angket keterbacaan dan angket respon peserta didik sebaiknya diganti dengan istilah yang mudah dipahami oleh peserta didik, dan agar dilakukan pengembangan media untuk anak berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-CILS, Problem Based Learning, kemampuan berpikir kritis, media pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:55
Last Modified: 03 Aug 2022 02:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50896

Actions (login required)

View Item View Item