IMPLEMENTASI KEBIJAKAN USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA (UPPKS) DI DESA PADOMASAN KECAMATAN REBAN KABUPATEN BATANG


Miranda Indra Astari, 3312416018 (2021) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA (UPPKS) DI DESA PADOMASAN KECAMATAN REBAN KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3312416018 - Miranda Indra Astari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Implementasi kebijakan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Padomasan, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang. Dasar hukum dari kebijakan program UPPKS ini adalah Peraturan Kepala BKKBN Nomor: 152/HK.010/B5/2009 tentang Pedoman Pengembangan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dari kebijakan program UPPKS yang ada di Desa Padomasan, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang serta faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi kebijakan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Mendeskripsikan tentang bagaimana implementasi kebijakan UPPKS di Desa Padomasan serta apa saja faktor yang mempengaruhi keberhasilan dari implementasi kebijakan UPPKS di Desa Padomasan. Deskripsi tersebut berasal dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsaan data melalui teknik triangulasi. Analisis data menggunakan metode interaktif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) di Desa Padomasan memiliki struktur pelaksanaan sampai ke Desa Padomasan. Implementasi kebijakan UPPKS di Desa Padomasan dapat dikatakan berhasil, karena dapat meningkatkan pendapatan keluarga sehingga tercapainya kesejahteraan masyarakat. Keberhasilan dari implementasi kebijakan UPPKS di Desa Padomasan dapat dilihat dari adanya faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi kebijakan yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Simpulan dari penelitian ini adalah (1)Kebijakan UPPKS di Desa Padomasan diimplementasikan dengan struktur pelaksanaan implementasi kebijakan yang baik sehingga kebijakan tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Padomasan, (2)Faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi kebijakan UPPKS di Desa Padomasan adalah komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, UPPKS
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:49
Last Modified: 09 Aug 2022 07:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50895

Actions (login required)

View Item View Item