IDENTIFIKASI SENYAWA BIOAKTIF DAN MEKANISME ANTIINFLAMASI PADA JAHE (Zingiber officinale) BERDASARKAN COMPOUND-PROTEIN INTERACTION DAN MOLECULAR DOCKING


Artanti Astutiningtyas, 4411417048 (2021) IDENTIFIKASI SENYAWA BIOAKTIF DAN MEKANISME ANTIINFLAMASI PADA JAHE (Zingiber officinale) BERDASARKAN COMPOUND-PROTEIN INTERACTION DAN MOLECULAR DOCKING. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 4411417048 - Artanti Astutiningtyas(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Jahe (Zingiber officinale) memiliki sejumlah besar komponen kimia, metabolit dan memiliki sifat farmakologis yang beragam, meskipun banyak di antaranya belum dipelajari secara rinci. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa jahe menunjukkan aktivitas anti-inflamasi, tetapi target biologis spesifiknya sebagian besar tidak diketahui dan masih harus ditentukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan target biologis potensial dan interaksi antara target dan senyawa pada jahe. Pada penelitian ini menggunakan metode farmakologi jaringan dan molecular docking dengan menggunakan 5 aplikasi utama, yaitu Prediction of Activity Spectra for Substances (PASS), Swiss target, Cystoscape, Pyrx dan Biovia Discovery Studio. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan database KNapSAck dan Dr. Duke’s Phytochemical and Ethnobotanical Databases. Penelitian menunjukkan Senyawa jahe yang terlibat dan memiliki peran yang tinggi adalah Gingerenone A, [10]-shogaol, [8]-shogaol, dan [4]-shogaol. Gingerenone A juga merupakan senyawa yang berinteraksi langsung dengan aktivitas menghambat pada protein kunci TNF. Berdasarkan prediksi juga diketahui efek antiinflamasi jahe berdasarkan jejaring interaksi protein dan senyawa disebabkan oleh pengaruh penghambatannya pada COX-2, lipoxigenase, diferensiasi sel Th1, Th2, dan Th17, aktivitas NFκB dan TNFα, regulasi negatif pada interleukin proinflamasi dan penghambatan pada metabolit asam arakidonat. Hasil visualisasi molecular docking senyawa Gingerenone A, dengan protein kunci TNF alpha menunjukkan nilai binding affinity senyawa Gingerenone A lebih rendah dibanding kontrol. Nilai binding affinity senyawa Gingerenone A dengan TNF alpha -5,5 kcal/mol dan kontrol -7,3 kcal/mol. Akan tetapi, hasil docking senyawa Gingerenone A dengan TNF-alpha menunjukkan kesamaan residu asam amino sampai dengan 100% dengan kontrol TAK-715, sehingga berpotensi sebagai kandidat antiinflamasi dan potensi targetnya dapat dievaluasi dalam penelitian lebih lanjut secara in vitro dan in vivo.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jahe, Anti-inflamasi, PASS online, Protein target, Swiss target prediction
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:49
Last Modified: 03 Aug 2022 02:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50894

Actions (login required)

View Item View Item