HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DENGAN TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM UPAYA PELESTARIAN LINGKUNGAN PADA PROGRAM KAMPUNG IKLIM DI DESA TAMANAGUNG, KECAMATAN MUNTILAN, KABUPATEN MAGELANG


Agustina Rahayu, 3201416008 (2021) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DENGAN TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM UPAYA PELESTARIAN LINGKUNGAN PADA PROGRAM KAMPUNG IKLIM DI DESA TAMANAGUNG, KECAMATAN MUNTILAN, KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201416008 - Agustina Rahayu.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Desa Tamanagung berhasil mendapat penghargaan sertifikat Proklim tingkat nasional pada tahun 2018 lalu dengan potensi sumber daya air dan potensi sosial yaitu sebagian kecil masyarakat memiliki kesadaran yang cukup baik dalam pengolahan sampah. Namun sebagian masyarakat masih membakar atau membuang sampah sembarangan. Masyarakat memiliki kesadaran tentang kebersihan lingkungan sekitar yang kurang. Tujuan diadakan penelitian ini untuk: (1) Mengetahui tingkat pendidikan formal dan nonformal masyarakat di Desa Tamanagung, (2) Mengetahui tingkat partisipasi masyarakat dalam upaya pelestarian lingkungan pada Program Kampung Iklim di Desa Tamanagung, dan (3) Menganalisis hubungan antara tingkat pendidikan masyarakat dengan tingkat partisipasi masyarakat dalam upaya pelestarian lingkungan pada Program Kampung Iklim di Desa Tamanagung. Populasi dalam penelitian ini meliputi anggota kelompok masyarakat yang berjumlah 230 jiwa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan rumus slovin dan taraf kesalahan 10% yang menghasilkan 70 sampel. Variabel penelitian yaitu tingkat pendidikan dan tingkat partisipasi masyarakat. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, angket/kuesioner, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisis deskriptif persentase, korelasi product moment dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan masyarakat Desa Tamanagung tergolong sedang dengan persentase 65% dan tingkat partisipasi masyarakat tergolong sedang dengan persentase 63,19%. Analisis menggunakan rumus korelasi product moment memperoleh hasil rxy > rtabel ( 0,4507>0,2352), sehingga hipotesis yang diterima adalah Ha yaitu terdapat hubungan positif yang rendah antara tingkat pendidikan dengan tingkat partisipasi masyarakat pada upaya pelestarian lingkungan dalam Program Kampung Iklim dan pendidikan masyarakat mempengaruhi partisipasi masyarakat sebesar 20,3%. Analisis regresi linier sederhana menghasilkan persamaan garis regresi yaitu Y=31,86+2,62X. Dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan masyarakat memiliki hubungan secara linier yang rendah dengan tingkat partisipasi masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian yang diketahui, disarankan diadakan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan mendorong masyarakat untuk bersikap ramah pada lingkungan sekitar serta Proklim dapat memfokuskan kegiatannya pada kegiatan bank sampah di Dusun Ketaron.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan, Tingkat Partisipasi, Program Kampung Iklim
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > Conservation
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:41
Last Modified: 03 Aug 2022 02:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50890

Actions (login required)

View Item View Item