EFEKTIVITAS MODEL PBL BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI MELALUI E-LEARNING PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA


Mita Tri Palupi, 4401417007 (2021) EFEKTIVITAS MODEL PBL BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI MELALUI E-LEARNING PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 4401417007_Mita Tri Palupi(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan abad XXI yang harus dikuasai oleh seseorang untuk mendukung proses pembelajaran. PBL berbasis multipel representasi adalah inovasi model pembelajaran untuk memenuhi tujuan/ keterampilan abad XXI karena pembelajaran menggunakan permasalahan yang ditemukan dalam kehidupan sehari- hari, materi disampaikan dalam berbagai format yang dapat mendukung siswa memperkuat konsep materi. Penelitian dilaksanakan secara e-learning mengingat adanya wabah Covid 19 yang tidak memungkinkan adanya pembelajaran secara tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis model pembelajaran PBL berbasis multipel representasi melalui e-learning efektif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi, Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA N 1 Wangon tahun pelajaran 2020/2021 dengan sampel kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol yang diambil secara Purposive Sampling. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data meliputi tes, wawancara, angket dan observasi. Data kemudian di analisis dengan menerapkan uji independent sample t�test dan uji N-gain untuk menilai keefektifan model pembelajaran. Hasil analisis data menggunakan uji independent sample t-test, didapatkan nilai signifikasi sebesar 0,019 dimana nilai Sig < 0,05 maka dapat disimpulkan perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis peningkatan kemampuan berpikir kritis menggunakan n-gain diperoleh bahwa adanya peningkatan dengan kategori tinggi pada indikator memberikan penjelasan lanjut serta mengatur strategi dan taktik, artinya model pembelajaran yang diterapkan pada kelas eksperimen efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penerapan model PBL berbasis multipel representasi melalui e-learning pada materi sistem reproduksi diharapkan dapat efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 1 Wangon Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PBL, Multipel Representasi, E-Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Sistem Reproduksi
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:42
Last Modified: 03 Aug 2022 02:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50889

Actions (login required)

View Item View Item