PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SDN MANGKANG WETAN 02 SEMARANG


M Sukron, 1401417187 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SDN MANGKANG WETAN 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417187 - M Sukron 187.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Pembelajaran IPA merupakan konsep yang padu dan penting bagi siswa dalam mempelajari diri dan alam sekitar. Berdasarkan data pra-penelitian yang dilakukan di SDN Mangkang Wetan 02 Semarang ditemukan permasalahan proses pembelajaran IPA yang belum maksimal. Hal ini dipengaruhi oleh penggunaan dan pengembangan media pembelajaran berbasis IT yang belum optimal dan pemilihan model pembelajaran yang kurang sesuai menyebabkan rendahnya hasil belajar IPA karena siswa kurang termotivasi untuk aktif dalam belajar. Maka peneliti mengembangkan media interaktif articulate storyline berbasis contextual teaching and learning (CTL) pada muatan pelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi media yang cenderung digunakan oleh guru, mengembangkan media, mengetahui kelayakan, dan mengetahui keefektifan media interaktif articulate storyline berbasis CTL pada muatan pelajaran IPA materi siklus air. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono. Dalam penelitian ini hanya melalukan dengan 6 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk (kelompok kecil). Subjek penelitian dalam uji coba produk kelompok kecil dipilih berdasarkan purposive sampling yaitu 9 siswa dari 40 siswa kelas V SDN Mangkang Wetan 02 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran yang cenderung digunakan guru pada muatan pelajaran IPA materi Siklus air belum interaktif yaitu media berbasis teks, dan video pembelajaran dari Youtube, media interaktif articulate storyline berbasis CTL sangat layak digunakan dengan persentase penilaian oleh ahli materi sebesar 88% dengan kriteria sangat layak dan ahli media sebesar 97% dengan kriteria sangat layak. Media interaktif articulate storyline berbasis CTL efektif digunakan dalam pembelajaran dibuktikan dengan hasil uji perbedaan rata-rata (uji t) dengan menggunakan paired sample t-test observasi berpasangan diperoleh thitung sebesar -11,06 dan ttabel dengan α = 5% sebesar 2,31. Sehingga menghasilkan thitung > ttabel yaitu 11,06 > 2,31, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan rata-rata (N�gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,782 dengan kriteria tinggi. Simpulan penelitian ini adalah media interaktif articulate storyline berbasis CTL layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada muatan pelajaran IPA materi siklus air kelas V SDN Mangkang Wetan 02 Semarang. Saran penelitian ini bahwa hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata pretest dan posttest dalam kriteria tinggi sehingga diwajibkan kepada guru untuk menggunakan Media interaktif articulate storyline berbasis CTL pada muatan pelajaran IPA materi siklus air.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Articulate storyline, CTL, IPA.
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:09
Last Modified: 03 Aug 2022 02:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50878

Actions (login required)

View Item View Item