MANAJEMEN OUTBOUND TAMAN WISATA MATAHARI DI CISARUA KABUPATEN BOGOR TAHUN 2020


Wiwi Safitri, 6101414009 (2021) MANAJEMEN OUTBOUND TAMAN WISATA MATAHARI DI CISARUA KABUPATEN BOGOR TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MANAJEMEN OUTBOUND TAMAN WISATA MATAHARI DI CISARUA KABUPATEN BOGOR TAHUN 2020] PDF (MANAJEMEN OUTBOUND TAMAN WISATA MATAHARI DI CISARUA KABUPATEN BOGOR TAHUN 2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada akhir-akhir ini antusiasme masyakat, organisasi dan perusahaan, ramairamai menyelengarakan kegiatan rekreasi bersama sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja dan performa anggota atau pegawainya. Salah satu diantaranya kegiatan dengan bentuk Outbound training. Pengembangan industri olahraga sekarang ini sangat di minati oleh para pengusaha swasta khususnya Outbound. Taman Wisata Matahari ini yang salah satunya wisata yang berkonsep mengusung kegiatan Outbound sebagai konsep rekreasi dan edukasi bagi masyarakat. Permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana cara implementasi fungsi manajemen dalam pelaksanaan pengelolaan Taman Wisata Matahari dengan adanya persaingan bisnis yang sama di tempat lain. Fokus permasalahan adalah manajemen Outbound Taman wisata Matahari. Tujuan peneliti untuk mengetahui manajemen Outbound Taman Wisata Matahari. Penelitian ini merupan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data melaui wawancara terstruktur, dokumentasi, dan observasi. Subjek penelitian ini adalah pimpinan manajer, trainer Outbound dan pengunjung. Analisis data menggunakan pemilihan data yang fokus menjawab rumusan masalah (data reduction), tersusun secara singkat (data display), dan berkembang setelah berada dilapangan (verification). Hasil Penelitian menujukan fungsi perencanaan taman wisata matahari mempunyai visi dan misi perusahaan tersendiri yang perencanaannya tersebut dengan jangka panjang dan jangka pendek. Taman wisata Matahari terdapat garis pengorganisasian (pimpinan, staf, fungsional). Proses perekrutan karyawan selalu diutamakan untuk mendukung kegiatan organisasi yang baik dan efisien. Adanya promosi yang baik, kesejahteraan, Surat peringatan (SP) hingga pemberhentian jika tidak mentaati segala aturan yang ada dan pensiunan pegawai yang selalu dilaksanakan oleh pihak taman wisata matahari. Pemberian motivasi terhadap karyawan dilakukan oleh pimpinan HRD untuk meningkatkan kinerja karyawan. Pengevaluasian kegiatan dan karyawan selalu menjadi hal yang utama untuk menilai kinerja baik tidaknya sistem. Berdasarkan hasil diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen (Perencanan, Pengorganisasian, karyawan, motivasi dan pengawasan) pada Taman Wisata Matahari memiliki manajemen yang baik dan rapi. Manajemen perlu melakukan pengawasan intensif baik bagian kantor atau dilapangan, hal ini untuk mengurangi terjadinya kesalahan dalam pelaksanaan manajemen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Outbound , Taman Wisata Matahari
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 02 Aug 2022 07:35
Last Modified: 02 Aug 2022 07:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50869

Actions (login required)

View Item View Item