LEVERAGE SEBAGAI PEMODERASI PADA TRANSFER PRICING YANG DIPENGARUHI OLEH TAX MINIMIZATION, BONUS MECHANISM , DAN TUNNELING INCENTIVE


MEI DEWI LUTFIA, 7211417036 (2021) LEVERAGE SEBAGAI PEMODERASI PADA TRANSFER PRICING YANG DIPENGARUHI OLEH TAX MINIMIZATION, BONUS MECHANISM , DAN TUNNELING INCENTIVE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211417036 - Mei Dewi Lutfia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Globalisasi merupakan perkembangan zaman yang tidak dapat dihindari pada saat ini. Salah satu dampak dari globalisasi adalah timbulnya perusahaan multinasional yang saling bersaing, sehingga akan mengakibatkan timbulnya transfer pricing pada perusahaan multinasional.Transfer pricing dilakukan dengan cara memperbesar harga pembelian atau biaya (over invoice) atau memperkecil harga penjualan (under invoice). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh tax minimization, bonus mechanism, dan tunneling incentive terhadap indikasi praktik transfer pricing dengan leverage sebagai variabel moderating pada perusahaan pertambangan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2017-2019. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 18 perusahaan dengan 54 unit analisis. Terdapat 8 data yang outlier sehingga jumlah sampel sebanyak 46 unit analisis.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji interaksi Moderated Regression Analysis (MRA) pada analisis regresi moderasinya. Penelitian ini menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 24 sebagai alat analisisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tunneling incentive berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap transfer pricing. Tax minimization berpengaruh negatif dan signifikan terhadap transfer pricing. Bonus mechanism tidak berpengaruh terhadap transfer pricing. Sementara itu, leverage tidak mampu memoderasi signifikan hubungan bonus mechanism terhadap transfer pricing ,namun leverage memperkuat hubungan tax minimization terhadap transfer pricing , serta leverage mampu memperlemah hubungan tunneling incentive terhadap transfer pricing. Simpulan dari penelitian ini yaitu tax minimization berpengaruh negatif terhadap transfer pricing, tunneling incentive berpengaruh positif terhadap transfer pricing, sedangkan bonus mechanism tidak berpengaruh terhadap transfer pricing. Leverage mampu memoderasi hubungan antara tax minimization dan tunneling incentive. Penelitian ini menyarankan untuk menggunakan sektor perusahaan selain pertambangan, menggunakan proksi lain dalam mengukur variabel transfer pricing seperti RPTAL dan RPTSE, menggunakan proksi lain untuk mengukur bonus mechanism seperti pemberian kompensasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Transfer Pricing; Tax Minimization; Bonus Mechanism; Tunneling Incentive; Leverage
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 02 Aug 2022 03:32
Last Modified: 02 Aug 2022 03:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50859

Actions (login required)

View Item View Item