PENGARUH LITERASI DIGITAL, PERSEPSI HARGA, DAN SERVICE CONVENIENCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE (Studi Pada Ibu Rumah Tangga di Kabupaten Kudus)


Muna Khansa’ Sholihah, 7101417141 (2021) PENGARUH LITERASI DIGITAL, PERSEPSI HARGA, DAN SERVICE CONVENIENCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE (Studi Pada Ibu Rumah Tangga di Kabupaten Kudus). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101417141 - MUNA KHANSA` SHOLIHAH.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 membawa dampak yang besar bagi segala sektor khususnya sektor ekonomi. Pemerintah telah menetapkan berbagai kebijakan guna meminimalisir penyebaran virus corona, sehingga menciptakan kebiasaan baru pada masyarakat dalam melakukan berbagai aktivitas serta dalam memenuhi kebutuhan setiap harinya. Hal ini menciptakan perilaku konsumen baru, dimana masyarakat beralih untuk belanja online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi digital, persepsi harga, dan service convenience terhadap keputusan pembelian online. Populasi pada penelitian ini adalah ibu rumah tangga di Kabupaten Kudus. Jumlah sampel sebanyak 384 responden dengan kriteria pernah melakukan pembelian online di salah satu platform digital. Teknik pengambilan sampel menggunakan area sampling kemudian ditentukan dengan purposive sampling. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan alat analisis program IBM SPSS Versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian online adalah service convenience sebesar 21.81%. Sedangkan pengaruh variabel persepsi harga terhadap keputusan pembelian online sebesar 5.24%, dan pengaruh variabel literasi digital terhadap keputusan pembelian online sebesar 3.10%. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif antara literasi digital, persepsi harga, dan service convenience terhadap keputusan pembelian online. Saran dari penelitian ini yaitu ibu rumah tangga dapat meningkatkan literasi digital, melakukan persepsi harga sebelum melakukan pembelian, dan menggunakan platform belanja dengan layanan yang baik, serta melakukan keputusan pembelian dengan bijak dengan memprioritaskan kebutuhan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Persepsi Harga, Service Convenience, Keputusan Pembelian Online
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 02 Aug 2022 03:24
Last Modified: 02 Aug 2022 03:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50858

Actions (login required)

View Item View Item