ANALISIS ASPEK LINGKUNGAN FISIK DAN BIOLOGI SERTA UPAYA MANAJEMEN LINGKUNGAN DI SEKITAR PENDERITA FILARIASIS DI KABUPATEN BREBES


Palupi Wahyu Utami, 6411416002 (2021) ANALISIS ASPEK LINGKUNGAN FISIK DAN BIOLOGI SERTA UPAYA MANAJEMEN LINGKUNGAN DI SEKITAR PENDERITA FILARIASIS DI KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411416002 - Palupi Wahyu Utami.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kabupaten Brebes salah satu wilayah endemis filariasis di Jawa Tengah , menjadi daerah dengan jumlah paling banyak kasus baru filariasis (2019). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis gambaran dari aspek lingkungan fisik dan biologi serta upaya manajemen lingkungan yang terdapat di sekitar penderita filariasis. Jenis dan rancangan penelitian ini analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional. Observasi dilakukan di sekitar rumah penderita dengan 15 penderita ditemukan di 12 desa dan 3 kecamatan di Kabupaten Brebes dari bulan Agustus-September 2020. Menggunakan instrumen berupa lembar observasi, aspirator, kassa dan karet, papper cup, Global Positioning System (GPS), lembar kuesioner, kamera, dan alat tulis. Analisis menggunakan analisis univariat yang dilakukan terhadap setiap variabel. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 4 variabel (selokan, genangan air, kandang ternak, dan semak-semak) berpotensi dalam penularan filariasis, sebanyak 5 variabel (sawah, sungai, tanaman phytotelmata, tanaman air dan hewan predator) tidak berpotensi dalam penularan filariasis. Nyamuk Cx. Quenquifasciatus spesies terbanyak yang ditangkap. Serta ditemukan adanya 2 desa yang belum menerapkan upaya manajemen lingkungan. Simpulan penelitian ini adalah faktor fisik dan biologi yang ditemukan, dapat berpotensi dalam penularan filariasis yang didukung dengan adanya desa yang belum menerapkan kegiatan manajemen lingkungan. Saran yang dapat diberikan antara lain dengan rutin membersihkan lingkungan rumah dan sekitarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aspek lingkungan. Manajemen lingkungan. Phytotelmata. Filariasis.
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 02 Aug 2022 03:21
Last Modified: 02 Aug 2022 03:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50857

Actions (login required)

View Item View Item