PENGEMBANGAN ALAT PERAGA SISTEM STARTER ALTERNATING CURRENT GENERATOR (ACG) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STARTER


Anang Prasetia, 5202414040 (2021) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA SISTEM STARTER ALTERNATING CURRENT GENERATOR (ACG) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STARTER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202414040 - Anang Prasetia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan dunia otomotif termasuk sangat pesat, terbukti dengan adanya berbagai macam teknologi baru dalam kendaraan bermotor, termasuk sistem Starter ACG. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, masih banyak peserta didik yang belum memahami tentang Starter ACG karena alat peraga yang ada masih berupa unit utuh sepeda motor, sehingga belum mampu menjelaskan secara detail tentang cara kerja Starter ACG. Perancangan alat peraga sistem Starter ACG dilakukan untuk menguji kelayakan penggunaan media alat peraga sistem Starter ACG dalam pembelajaran serta menguji perbedaan hasil belajar yang diperoleh peserta didik sebelum dan setelah penggunaan alat peraga sistem Starter ACG. Penelitian ini termasuk dalam Pre-Experimental Design dengan desain penelitian One-Group Pre-Test Post-Test Design. Penelitian ini diawali dengan perancangan alat peraga dan buku panduan, penilaian kelayakan oleh ahli, penyusunan soal uji coba, pelaksanaan uji coba soal, analisis uji coba soal, penyusunan soal pre-test dan post-test, pelaksanaan pre-test, penerapan alat peraga, pelaksanaan post-test, diakhiri dengan analisis hasil pre-test dan post-test. Berdasarkan penilaian oleh ahli, alat peraga sangat layak digunakan dengan rata-rata persentase penilaian ahli materi sebesar 76.88% dan ahli media sebesar 80.63%. Terdapat peningkatan antara hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah penggunaan alat peraga dengan rata-rata peningkatan termasuk kriteria sedang, dengan 2 peserta didik memiliki peningkatan tinggi, 21 peserta didik memiliki peningkatan sedang dan 7 peserta didik memiliki peningkatan rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Starter ACG, Alat Peraga, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 02 Aug 2022 02:57
Last Modified: 02 Aug 2022 02:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50851

Actions (login required)

View Item View Item