PENGARUH ORIENTASI SERAT TEBU DAN FIBERGLASS TERHADAP KEKUATAN IMPAK DAN MAKROSTRUKTUR MATERIAL KOMPOSIT BERMATRIK POLYESTER UNTUK APLIKASI BUMPER MOBIL


Ulda Rif’at Syauqi, 5201417058 (2021) PENGARUH ORIENTASI SERAT TEBU DAN FIBERGLASS TERHADAP KEKUATAN IMPAK DAN MAKROSTRUKTUR MATERIAL KOMPOSIT BERMATRIK POLYESTER UNTUK APLIKASI BUMPER MOBIL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201417058 - Rifat Syauqi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi serat penguat material komposit serat tebu dan fiberglass bermatrik polyester terhadap kekuatan impak dan untuk mengetahui pengaruh orientasi serat penguat material komposit serat tebu dan fiberglass bermatrik polyester terhadap makrostruktur untuk diaplikasikan bahan dasar bumper mobil. Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat dijadikan literatur dan bahan referensi untuk penelitian yang sejenis berikutnya, dapat dijadikan sebagai rujukan perusahaan otomotif khususnya perusahaan pembuatan bumper mobil, dan dapat menambah ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi dan material bahan, sehingga mampu dibaca oleh peneliti lainnya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimental. Pembuatan komposit serat tebu-fiberglass menggunakan metode hand lay up dengan komposisi penggunaan fraksi volume matrik dan serat penguat yaitu 65% matrik dan 35% campuran serat penguat (30% serat tebu + 5% fiberglass). Selain fraksi volume juga diteliti varian yaitu variabel kontrol bumper mobil Fortuner. Varian orientasi serat pada material komposit yang diteliti sebagai berikut: varian 0º/0º, varian 0º/45º, varian 0º/90º, dan varian 45º/90º. Serat tebu dilakukan perendaman terlebih dahulu pada air dengan campuran 5% NaOH (m/v) selama 2 jam dan pembuatan spesimen pengujian impak dilakukan dengan standard ASTM D 256-10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh orientasi serat penguat pada material komposit serat tebu-fiberglass terhadap kekuatan impak menunjukan bahwa varian 0°/0° mampu mencapai nilai kekuatan impak tertinggi sebesar 0,14835 J/mm2 . Sedangkan nilai terendah berada pada komposit serat tebu�fiberglass dengan varian 45°/90° sebesar 0,01271 J/mm2 . Material komposit serat tebu-fiberglass dapat digunakan sebagai bahan alternatif pembuatan bumper mobil dengan catatan harus menggunakan komposisi variasi orientasi serat 0°/0° dan variasi orientasi serat 0°/45°. Hasil foto makrostruktur spesimen komposit serat tebu-fiberglass memiliki bentuk penampang patah yang berbeda-beda namun terjadi fiber pull-out pada semua variasi orientasi serat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komposit, Serat tebu, Orientasi serat, Kekuatan impak, Makrostruktur, Bumper mobil.
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 02 Aug 2022 02:54
Last Modified: 02 Aug 2022 02:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50850

Actions (login required)

View Item View Item