(ABSTRAK) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN TEKNIK STORY TELLING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN PENGALAMAN ORANG LAIN SISWA KELAS III SD N 1 KARANGREJO SELOMERTO WONOSOBO


Desi Mirajati , 2101406533 (2010) (ABSTRAK) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN TEKNIK STORY TELLING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN PENGALAMAN ORANG LAIN SISWA KELAS III SD N 1 KARANGREJO SELOMERTO WONOSOBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN TEKNIK STORY TELLING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN PENGALAMAN ORANG LAIN SISWA KELAS III SD N 1 KARANGREJO SELOMERTO WONOSOBO]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN TEKNIK STORY TELLING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN PENGALAMAN ORANG LAIN SISWA KELAS III SD N 1 KARANGREJO SELOMERTO WONOSOBO) - Published Version
Download (89kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal, kemampuan bercerita siswa kelas III SD N 1 Karangrejo belum optimal. Oleh karena itu, perlu adanya model dan teknik pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan bercerita siswa. Masalah dalam penelitian adalah: a) bagaimana peningkatan kemampuan menceritakan pengalaman orang lain dan b) perubahan tingkah laku siswa kelas III SD N 1 Karangrejo setelah diterapkan model pembelajaran talking stick dengan teknik story telling. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsi peningkatan kemampuan menceritakan pengalaman orang lain dan 2) perubahan tingkah laku siswa kelas III SD N 1 Karangrejo setelah diterapkan model pembelajaran talking stick dengan teknik story telling dalam pembelajaran menceritakan pengalaman orang lain. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kemampuan bercerita siswa kelas III SD N 1 Karangrejo, Selomerto, Wonosobo. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan data tes dan nontes, meliputi: observasi, jurnal guru, jurnal siswa, metode sosiometrik, wawancara, dokumentasi foto, dan dokumentasi video. Hasil tes prasiklus, siklus I, dan siklus II disajikan dalam bentuk data kuantitatif, sedangkan hasil nontes disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata prasiklus 48,64 dengan persentase keberhasilan 0%. Nilai rata-rata siklus I mencapai 68,03 dengan persentase keberhasilan 61,90%. Nilai rata-rata siklus II meningkat menjadi 75,68 dengan persentase keberhasilan 76,19%. Perubahan perilaku yang terjadi adalah siswa lebih antusias dan percaya diri. Siswa aktif dan senang dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian di atas, penulis menyarankan kepada guru bidang studi Bahasa dan Sastra Indonesia untuk menerapkan model pembelajaran talking stick dengan teknik story telling dalam pembelajaran menceritakan pengalaman orang lain karena dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menceritakan pengalaman orang lain, model pembelajaran talking stick, teknik story telling.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2011 07:50
Last Modified: 30 Sep 2011 07:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5085

Actions (login required)

View Item View Item