PENGARUH TEKANAN KOMPAKSI TERHADAP KUAT TEKAN, KEKERASAN, DAN STRUKTUR MIKRO MATERIAL CRUCIBLE BERBAHAN DASAR LIMBAH EVAPORATION BOATS


Frenki Sofyan Candra, 5201417005 (2021) PENGARUH TEKANAN KOMPAKSI TERHADAP KUAT TEKAN, KEKERASAN, DAN STRUKTUR MIKRO MATERIAL CRUCIBLE BERBAHAN DASAR LIMBAH EVAPORATION BOATS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201417005 - Frenki Sofyan Candra.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Dampak dari adanya peningkatan industri di Indonesia yaitu munculnya limbah hasil sisa proses produksi yang semakin tinggi. Sebagai contoh yaitu industri metalisasi plastik yang menghasilkan limbah evaporation boats. Limbah evaporation boats mengandung boron nitride dan titanium diboride yang dapat digolongkan sebagai bahan refraktori. Limbah evaporation boats mempunyai karakteristik refraktory yang tinggi dan belum ada pemanfaatanya lebih lanjut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tekanan kompaksi terhadap kuat tekan, kekerasan, dan struktur mikro material crucible berbahan dasar limbah evaporation boats. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental. Variasi tekanan kompaksi yang diberikan adalah 30, 35, 40, 45, dan 50 MPa. Spesimen dibentuk sesuai standar ASTM C373 – 72 berbentuk silinder dengan ukuran spesimen ∅20 mm x 30 mm. Dilanjutkan proses firing pada 1000 °C dengan laju pemanasan 5° C/menit dan holding time 2 jam. Pengujian meliputi uji kuat tekan (compressive strength), uji kekerasan Vickers, dan pengamatan struktur mikro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kuat tekan rata-rata tertinggi adalah 30,605 MPa pada penggunaan tekanan kompaksi 50 MPa. Sedangkan kuat tekan rata-rata terendah adalah 15,124 MPa pada penggunan tekanan kompaksi 30 MPa. Kekerasan Vickers rata-rata tertinggi adalah 30,82 HVN pada penggunaan tekanan kompaksi 50 MPa, sedangkan kekerasan Vickers terendah adalah 11,74 HVN pada penggunaan tekanan kompaksi 30 MPa. Berdasarkan data, semakin tinggi tekanan kompaksi membuat kuat tekan dan kekerasan material spesimen uji kowi semakin tinggi. Tekanan kompaksi yang semakin tinggi juga membuat penyebaran dan distribusi fasa semakin rata dan seimbang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaporation boats, tekanan kompaksi, crucible, kuat tekan, kekerasan, struktur mikro.
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 02 Aug 2022 02:37
Last Modified: 02 Aug 2022 02:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50847

Actions (login required)

View Item View Item