HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KONSEP DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI SMA MARTIA BHAKTI BEKASI


Ramaudhita Hasanah Maswatu, 4401416020 (2021) HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KONSEP DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI SMA MARTIA BHAKTI BEKASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401416020 - Ramaudhita Hasanah Maswatu.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pemecahan masalah merupakan salah satu aspek prioritas pendidikan yang penting untuk diajarkan agar siswa mampu memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Penguasaan konsep siswa dapat menentukan kualitas hasil pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat penguasaan konsep siswa, dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMA Martia Bhakti pada materi perubahan lingkungan, serta mengetahui hubungan antara penguasaan konsep dengan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian non eksperimental. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Mipa SMA Martia Bhakti Bekasi tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian adalah kelas XI Mipa 1,2, dan 3 yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah diukur menggunakan teknik tes dengan soal pilihan ganda dan lembar pemecahan masalah. Hubungan antara penguasaan konsep dengan kemampuan pemecahan masalah siswa dianalisis menggunakan uji Korelasi Pearson Product Moment dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah siswa yang memiliki penguasaan konsep tinggi dan sangat tinggi adalah sebanyak 68,67%. Sebanyak 67,48% siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah yang tergolong tinggi dan sangat tinggi. Hasil uji korelasi menunjukkan nilai probabilitas 0,000 < 0,05 yang artinya, terdapat korelasi yang signifikan. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,793 yang menandakan besarnya hubungan kedua variabel tersebut masuk dalam kategori sangat kuat. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat penguasaan konsep siswa dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMA Martia Bhakti pada materi perubahan lingkungan mayoritas tinggi dan sangat tinggi. Hubungan antara penguasaan konsep dengan kemampuan pemecahan masalah siswa sangat kuat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemecahan masalah, penguasaan konsep, perubahan lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General) > learning activity
L Education > Special Education > Biology Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 02 Aug 2022 02:24
Last Modified: 02 Aug 2022 02:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50842

Actions (login required)

View Item View Item