PENGETAHUAN DAN PERAN SERTA KEPALA KELUARGA DALAM MENGELOLA SAMPAH RUMAH TANGGA DI KELURAHAN SEKARAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Joko Tri Yulianto, 3201414056 (2021) PENGETAHUAN DAN PERAN SERTA KEPALA KELUARGA DALAM MENGELOLA SAMPAH RUMAH TANGGA DI KELURAHAN SEKARAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201414056 - Joko Tri Yulianto.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Jumlah penduduk yang banyak dan jumlah produksi sampah yang di hasilkan oleh Kelurahan Sekaran merupakan yang terbesar di kecamatan Gunungpati. Dengan jumlah penduduk dan produksi sampah terbanyak tersebut apabila tidak ada pengelolaan sampah yang baik dan benar akan menimbulkan permasalahan lingkungan bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengukur tingkat pengetahuan kepala keluarga dalam mengelola sampah rumah tangga, 2) untuk menganalisis peran serta kepala keluarga dalam mengelola sampah rumah tangga.. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Sekaran Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Populasinya adalah kepala keluarga setiap rumah tangga yang berjumlah 2138 KK. Sampel yang digunakan menggunakan rumus slovin dengan persentase kelonggaran ketelitian kesalahan 10% dan menghasilkan sampel sebanyak 96 KK. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Random Sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah pengetahuan dan partisipasi kepala keluarga. Metode pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan empat cara yaitu t e s , kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase . Hasil penelitian diketahui bahwa tingkat pengetahuan kepala keluarga dalam mengelola sampah rumah tangga pada parameter tingkat pengetahuan tergolong dalam kategori rendah. Peran serta dalam bentuk tenaga, uang, benda dan ide/gagasan juga tergolong dalam kategori yang rendah. Rendahnya pengetahuan dan peran serta kepala keluarga dalam mengelola sampah rumah tangga salah satunya disebabkan karena minimnya kesadaran kepala keluarga di Kelurahan Sekaran untuk mengakses sosialisasi pengelolaan sampah yang telah diberikan oleh Dinas Kota Semarang dan pihak yang terkait. Dengan adanya peningkatan kesadaran dari kepala keluarga untuk bisa mengakses sosialisasi pengelolaan sampah yang telah telah diberikan, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan peran serta kepala keluarga dalam mengelola sampah rumah tangga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Pengetahuan, Peran Serta dan Sampah Rumah Tangga
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > family environment
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 02 Aug 2022 02:12
Last Modified: 02 Aug 2022 02:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50840

Actions (login required)

View Item View Item