KEEFEKTIFAN PJJ (PEMBELAJARAN JARAK JAUH) DENGAN METODE HOME VISIT BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD N GUGUS CANDRADIMUKA WONOSOBO


Anisa Dwi Savitri, 1401417213 (2021) KEEFEKTIFAN PJJ (PEMBELAJARAN JARAK JAUH) DENGAN METODE HOME VISIT BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD N GUGUS CANDRADIMUKA WONOSOBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417213 - Anisa Dwi Savitri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan data hasil belajar yang dilakukan di kelas V SD N Gugus Candradimuka Wonosobo diperoleh bahwa hasil belajar IPS kurang maksimal dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan guru belum optimal. Guru kurang inovatif dalam menggunakan metode pembelajarannya, sehingga penguasaan materi yang diperoleh siswa masih kurang, selain itu siswa kurang aktif dalam pembelajarannya. Oleh karena itu perlu adanya perlakuan yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran home visit, karena dengan menerapkan model tersebut membuat siswa mampu menguasai materi sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan metode pembelajaran home visit berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian eksperimen ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimen design bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas V SD N Gugus Candradimuka Wonosobo dan sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SD N 1 Sumberdalem sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Tes hasil belajar yang digunakan berupa pretest dan posttest. Analisis data yang dipakai yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji t-test, uji ancova serta uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode home visit berbantuan media mind mapping lebih efektif digunakan ditunjukkan dengan hasil Uji T-tes menunjukkan nilai sig (2.tailed) yaitu 0,000 < 0,05. (2) adanya perbedaan yang signifikan antara metode home visit berbantuan media mind mapping dibandingkan metode whatsApp group ditunjukkan dari hasil Uji Ancova yaitu nilai sig sebesar 0,000 < 0,05. (3) metode home visit berbantuan media mind mapping berpengaruh terhadap pembelajaran IPS yang dibuktikan dengan hasil perhitungan Uji N-gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Uji N-gain kelas eksperimen sebesar 0,555889 dengan kategori sedang dan Uji N�gain kelas kontrol sebesar 0,174405 dengan kategori rendah. Simpulan penelitian ini adalah metode home visit berbantuan media mind mapping efektif digunakan pada pembelajaran IPS serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Guru diharapkan untuk menggunakan metode home visit berbantuan media mind mapping dalam pembelajaran di kelas pada saat pandemi Covid-19 seperti ini

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PJJ, Home Visit, Mind Mapping, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 02 Aug 2022 01:44
Last Modified: 02 Aug 2022 01:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50832

Actions (login required)

View Item View Item