HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS PUCANG HARAPAN KABUPATEN DEMAK


Ainun Nur Afidah, 1401417154 (2021) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS PUCANG HARAPAN KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417154 - Ainun Nur Afidah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemandirian belajar merupakan hal penting yang harus dimiliki siswa demi keberhasilan belajarnya. Kemandirian dalam belajar dipengaruhi beberapa faktor, antara lain pola asuh yang diterima anak dalam keluarga. Perbedaan pola asuh yang diterapkan oleh orang tua kemudian memunculkan kemandirian belajar siswa yang berbeda-beda pula, seperti halnya kemandirian belajar siswa kelas IV SD Negeri Gugus Pucang Harapan Kabupaten Demak. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Menguji dan mendeskripsikan hubungan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar IPS. (2) Menguji dan mendeskripsikan hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS. (3) Menguji dan mendeskripsikan hubungan antara pola asuh orang tua dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Pucang Harapan Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 160 siswa kelas IV SD Negeri Gugus Pucang Harapan Kabupaten Demak Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling sebanyak 112 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Sedangkan teknik analisis data dengan statistik deskriptif, korelasi sederhana, korelasi ganda, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola asuh dengan hasil belajar siswa sebesar 0,757 dengan kontribusi 57,3%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa sebesar 0,768 dengan kontribusi 59%; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa sebesar 0,777 dengan kontribusi 60,3%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Pucang Harapan Kabupaten Demak. Saran dalam penelitian ini, orang tua diharapkan selalu memberikan dukungan dan dorongan yang tepat khusunya dalam bidang pendidikan dan siswa diharapkan mampu menanamkan, menumbuhkan, serta meningkatkan kemandirian khusunya dalam belajar agar hasil belajar pun mampu didapatkan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS, kemandirian belajar, pola asuh orang tua.
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting
L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 02 Aug 2022 01:40
Last Modified: 02 Aug 2022 01:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50831

Actions (login required)

View Item View Item