KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS LOKAL BLORA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD


Alvin Ervina Listiani, 1401417172 (2021) KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS LOKAL BLORA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS LOKAL BLORA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD] PDF (KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS LOKAL BLORA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Gugus Bodroyono yang disebabkan oleh kurang efektifnya penggunaan bahan ajar membaca dalam pembelajaran. Berdasarkan data prapenelitian, siswa kelas V SD Gugus Bodroyono menggunakan bahan ajar membaca berbasis nasional terbitan Kemendikbud sebagai bahan ajar utama yang memuat contoh bacaan umum dan kurang sesuai dengan daerah tempat tinggal siswa, sehingga siswa tidak dapat mempelajari peristiwa nyata dan dekat dengan siswa. Hal tersebut menyebabkan pembelajaran menjadi kurang bermakna dan berdampak pada kemampuan membaca pemahaman siswa yang rendah. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar yang sesuai yaitu bahan ajar berbasis lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan bahan ajar membaca berbasis lokal Blora terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa serta menguji keaktifan siswa saat menggunakan bahan ajar berbasis lokal Blora dibandingkan dengan bahan ajar berbasis nasional terbitan Kemendikbud pada kelas V SD Gugus Bodroyono Blora. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen quasi. Desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Gugus Bodroyono Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes (tes awal dan tes akhir) dan teknik nontes (observasi, dokumentasi, dan wawancara). Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji n-gain, dan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data tes awal dan tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 2,519 > ttabel = 2,14479 yang berarti bahan ajar berbasis lokal Blora efektif terhadap kemampuan membaca pemahaman. Hasil uji n-gain kelas eksperimen (0,315545) lebih tinggi dibandingkan n-gain kelas kontrol (0,204573). Pengamatan aktivitas siswa dengan lembar observasi menunjukkan rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 82% dibandingkan kelas kontrol yaitu 73%. Simpulan penelitian ini yaitu bahan ajar membaca berbasis lokal Blora efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan dapat meningkatkan aktivitas siswa saat pembelajaran. Saran bagi guru yaitu diharapkan dapat mengembangkan dan memanfaatkan bahan ajar berbasis lokal dalam pembelajaran. Bagi pihak sekolah diharapkan dapat mendukung dan memfasilitasi penggunaan bahan ajar inovatif berbasis lokal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar lokal, efektif, kemampuan membaca pemahaman
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 02 Aug 2022 01:01
Last Modified: 02 Aug 2022 01:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50828

Actions (login required)

View Item View Item