KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS LOKAL PURWODADI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD


Hesti Septiyani, 1401417140 (2021) KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS LOKAL PURWODADI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS LOKAL PURWODADI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD] PDF (KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS LOKAL PURWODADI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data hasil prapenelitian yang dilakukan di kelas V SD, Gugus Dr. Soetomo, Kecamatan Purwodadi didapat bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal karena siswa mengalami kesulitan memahami bacaan. Diduga, bacaan yang terdapat dalam bahan ajar belum dekat dengan lingkungan sekutar siswa, sehingga hasil belajar kemampuan membaca pemahaman siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan bahan ajar membaca berbasis lokal terhadap kemampuan membaca pemahaman dan mendeskripsikan aktivitas siswa pada kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V, Gugus Dr. Soetomo, Kecamatan Purwodadi. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas V SDN 1 Candisari sebagai kelas eksperimen sejumlah 10 siswa dan kelas kontrol sejumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis, uji gain, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar membaca berbasis lokal Purwodadi efektif digunakan pada pembelajaran bahasa Indonesia materi teks eksplanasi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung= 2,444 > ttabel = 2,086 yang berarti bahan ajar membaca berbasis lokal Purwodadi lebih efektif terhadap kemampuan membaca pemahaman. Hasil uji n-gain dari kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai n-gain di kelas kontrol. Nilai n-gain kelas kontrol yaitu 0,242, dan nilai n-gain kelas eksperimen adalah 0,365. Pengamatan aktivitas siswa dengan lembar observasi menunjukkan rata-rata aktivitas siswa kelas ekperimen lebih tinggi yaitu 72% dibandingkan kelas kontrol yaitu 56%. Simpulan penelitian ini yaitu bahan ajar membaca berbasis lokal lebih efektif. Saran yang disampaikan yaitu, agar penggunaan bahan ajar membaca berbasis lokal lebih maksimal, hendaknya dilakukan pelatihan pada guru agar guru memiliki keterampilan lokal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, berbasis lokal, kemampuan membaca pemahaman
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 01 Aug 2022 08:54
Last Modified: 01 Aug 2022 08:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50827

Actions (login required)

View Item View Item