PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI TEKS CERITA RAKYAT BERBAHASA JAWA DI SMK MUHAMMADIYAH WANASARI BREBES


Maryati, 2601416062 (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI TEKS CERITA RAKYAT BERBAHASA JAWA DI SMK MUHAMMADIYAH WANASARI BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601416062 - Faidatul Amaliyah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kurikulum 2013 menjadi pedoman yang digunakan oleh sekolah untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Pendidikan berkualitas berawal dari proses pembelajaran yang berkualitas. Kualitas pendidikan dipengaruhi oleh ketersediaan fasilitas belajar, pemanfaatan waktu, dan penggunaan media belajar atau bahan belajar yang digunakan dalam proses pembelajaran. Untuk melengkapi komponen belajar dan pembelajaran di sekolah, seharusnya guru sudah memanfaatkan media atau alat bantu yang mampu mewujudkan pembelajaran secara efektif dan efisien. Pada saat studi pendahuluan di SMK Muhammadiyah Wanasari Brebes ditemukan permasalahan yaitu guru kesulitan menuntaskan materi dikarenakan waktu yang singkat. Materi bahasa Jawa banyak tetapi waktu pembelajaran hanya satu jam setiap minggunya dan ditambah adanya kegiatan PKL di awal semester dua selama dua bulan pada kelas XI TKR yang menjadikan siswa tertinggal materi, sehingga guru melakukan pemadatan materi untuk menyampaikan materi yang tertinggal. Maka dari itu, membuat proses pembelajaran bahasa Jawa tidak efektif dan efisien khususnya pada materi awal di semester dua yaitu materi teks serat wedhatama pupuh gambuh dan teks cerita rakyat. Dalam hal ini media e-modul merupakan media yag tepat untuk membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran efektif dan efisien. Maka dari itu, dalam penelitian ini peneliti membuat pengembangan e�modul berbasis google classroom pada materi teks cerita rakyat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) dengan 5 tahapan yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Berdasarkan hasil uji validasi dari ahli materi yang telah dilakukan, kelayakan e-modul berbasis google classroom mencapai presentase rata-rata 92,7% atau dalam kategori “sangat layak”. Hasil dari uji validasi oleh pengguna (guru bahasa Jawa) yang telah dilakukan, kelayakan e-modul berbasis google classroom memperoleh presentase rata-rata 93,97% atau dalam kategori “sangat layak”. Hasil dari uji validasi media yang telah dilakukan, kelayakan e-modul berbasis google classroom memperoleh presentase rata-rata 100% atau dalam kategori “sangat layak”. Maka menurut 3 validator tersebut, e-modul berbasis google classroom yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran materi teks cerita rakyat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, E-Modul, Google Classroom, Cerita Rakyat
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General) > learning activity
L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 01 Aug 2022 07:09
Last Modified: 01 Aug 2022 07:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50823

Actions (login required)

View Item View Item