PENERAPAN CREATIVITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH PRAKTIKUM PEMESINAN BUBUT
Fadila Fauzia Firdaus, 5201417068 (2021) PENERAPAN CREATIVITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH PRAKTIKUM PEMESINAN BUBUT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) seberapa besar tingkat kreativitas peserta didik dalam pembelajaran praktikum pemesinan bubut, 2) menganalisis pengaruh penerapan creativity terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran praktikum pemesinan bubut. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Eksperimen merupakan sebuah metode penelitian dengan melakukan sebuah perlakuan terhadap sampel yang diambil. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre test-post test control design. Pada desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang tahun pelajaran 2019/2020 dengan sampel rombel A pada pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin terdiri dari 40 dan rombel B terdiri dari 40 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan metode tes dan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan ada uji-t (independent sample t-test). Berdasarkan analisis dan pembahasan pada penelitian ini maka dapat disimpulkan: (1) besarnya tingkat kreativitas mahasiswa matakuliah praktikum pemesinan bubut yaitu kelompok eksperimen memiliki tingkat kreativitas yang lebih tinggi dari pada kelompok kontrol. Dimana terjadi perbedaan secara signifikan tingkat kreativitas tinggi pada kelompok eksperimen dan kontrol. Pada kelompok eksperimen memiliki skor tertinggi 124, skor terendah sebesar 78, dan rata-rata sebesar 98,45, sedangkan pada kelompok kontrol memiliki skor tertinggi sebesar 113, skor terendah 76, dan rata-rata sebesar 92,72. Tingkat kreativitas dapat dikelompokkan dengan ketentuan jika skor > rata-rata maka termasuk dalam kategori tinggi, jika skor < rata�rata maka termasuk dalam kategori rendah, (2) terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan creativity pada hasil belajar mata kuliah praktikum pemesinan bubut. Hal ini dapat dilihat melalui tes hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa ketika mahasiswa memiliki tingkat kreativitas yang tinggi, maka dapat menyelesaikan permasalahan dengan memunculkan banyak ide yang bervariasi, menarik, relevan, logis, dan unik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Abad 21, Kreativitas, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Outcomes L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1 |
Depositing User: | Kharisma ADHIARYA |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 06:51 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 06:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50819 |
Actions (login required)
View Item |