PENGEMBANGAN FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIK


Septiana Dewi Rahayu, 4201417014 (2021) PENGEMBANGAN FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201417014 - Septiana Dewi Rahayu.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kesulitan yang dialami siswa dalam memahami fisika mengakibatkan siswa mengalami miskonsepsi yaitu meyakini konsepsinya sendiri yang lebih sederhana akan tetapi bertentangan dengan konsepsi ahli. Miskonsepsi harus segera diatasi agar tidak berlarut-larut hingga kemudian hari. Miskonsepsi dapat diidentifikasi menggunakan four-tier diagnostic test. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan instrumen tes diagnostik berformat four-tier dengan berbagai langkah yang ditempuh untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada materi fluida dinamik. Jenis penelitian ini adalah Research and Develompent (R&D). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Semarang dan SMA Negeri 1 Sumpiuh. Uji coba instrumen dari segi validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya beda menunjukkan bahwa instrumen ini layak digunakan. Hasil identifikasi pada uji skala besar di SMA Negeri Sumpiuh menghasilkan data presentasi siswa miskonsepsi 27,41%, tidak paham konsep 7,78%, paham sebagian 40,89% dan paham konsep 23,93%. Identifikasi miskonsepsi siswa pada sub-materi persamaan kontinuitas 20,37%, Hukum Bernoulli 29,45%, Teorema Torricelli 55,56%, gaya angkat pesawat 26,67%, tabung pitot 5,56% serta venturimeter 15%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: four-tier diagnostic test, miskonsepsi, fluida dinamik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 01 Aug 2022 06:41
Last Modified: 01 Aug 2022 06:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50817

Actions (login required)

View Item View Item