URGENSIFITAS PENERBITAN UNDANG UNDANG PERLINDUNGAN DATA PRIBADI KONSUMEN PADA PENGGUNAAN APLIKASI BELANJA ONLINE (MARKETPLACE)


Amarru Muftie Holish, 8111417170 (2021) URGENSIFITAS PENERBITAN UNDANG UNDANG PERLINDUNGAN DATA PRIBADI KONSUMEN PADA PENGGUNAAN APLIKASI BELANJA ONLINE (MARKETPLACE). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of URGENSIFITAS PENERBITAN UNDANG UNDANG PERLINDUNGAN DATA PRIBADI KONSUMEN PADA PENGGUNAAN APLIKASI BELANJA ONLINE (MARKETPLACE)] PDF (URGENSIFITAS PENERBITAN UNDANG UNDANG PERLINDUNGAN DATA PRIBADI KONSUMEN PADA PENGGUNAAN APLIKASI BELANJA ONLINE (MARKETPLACE)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan Teknologi dan Informasi yang pesat, berdampak pada perlindungan data pribadi, kini menjadi satu kajian baru dalam dunia hukum Indonesia, kehadiran hukum yang tepat dan efektif adalah salah satu kajian yang dihasilkan oleh perkembanggan teknologi dan informasi hari ini. Namun fakta hukum menujukan hingga saat ini Indoensia belum memiliki peraturan khusus yang mengatur perlindungan data pribadi khususnya perlindungan data pribadi konsumen. Payung hukum Indoensia untuk mengatur perlindungan data pribadi, tertulis di pasal 26 Undang – undang Nomor 11 tahun 2008 dirubah menjadi Undang - undang No. 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dan di lengkapi oleh Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Perlindungan Data Pribadi Dalam Sistem Elektronik dan Peraturan Pemerintah Nomor 71 tahun 2019 tentang Penyelenggara Sistem Dan Transaksi Elektronik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian normative. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dengan cara melihat peraturan – peraturan dan undang – undang permasalahan hukum terkhusus perlindungan data pribadi konsumen. Hasil dari penelitian yang Telah dibahas ditemukan (1) bahwa terdapat kekosongan hukum perlindungan data pribadi konsumen pada beberapa aturan baku yang berlaku, hal ini teruraikan dengan belum adanya aturan hukum yang spesifik dan secara menyeluruh yang dapat memberikan perlindungan hukum terhadap perlindungan data pribadi konsumen tersebut. Pada hasil dan pembahasan selanjutnya Diperoleh (2) data berupa deretan kasus penyalagunaan data pribadi konsumen dan penyelesaian dengan payung hukum yang ada menujukan ketimpanga perlindungan data pribadi konsuemen di Indoensia serta ditampilkan pula perbandingan hukum perlindungan data pribadi diberbagai negara sebagai bentuk perbandingan hukum. Kesimpulan penelitian ini menujukan (1) urgensifitas penerbitan Undang Undang perlindungan data pribadi sudah amat sangat mendesak hal ini dikarenakan secara teori dan konsep keberadaan hukum positif yang sudah ada belum dapat melahirkan keadilan dan kepastian serta kebermanfaatan hukum yang semestinya ada di dalam sebuah aturan hukum positif. pada kesimpulan selanjutnya (2) karena keterbutuhan masyarakat dan perbandingan yang sudah menujukan harus hadirnya aturan hukum positif yang lebih komperhensif untuk memberikan perlindungan hukum bagi data pribadi konsumen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Data Pribadi, Perlindungan Konsumen, Perlindungan Hukum
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 01 Aug 2022 08:46
Last Modified: 01 Aug 2022 08:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50814

Actions (login required)

View Item View Item