IMPELEMNTASI EVALUASI MODEL CIPP PADA PROGRAM PELATIHAN MENJAHIT DI BALAI BESAR PENGEMBANGAN LATIHAN KERJA KOTA SEMARANG


Lintang Maulia Rachmawati, 1201417054 (2021) IMPELEMNTASI EVALUASI MODEL CIPP PADA PROGRAM PELATIHAN MENJAHIT DI BALAI BESAR PENGEMBANGAN LATIHAN KERJA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201417054 - Lintang M R.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai sejauh mana keberhasilan atau kegagalan suatu program pelatihan yang ada di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja sesuai dengan yang diharapkan dan memberikan informasi guna penyempurnaan suatu program Pelatihan menjahit di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Semarang sudah berjalan berpuluh-puluh tahun. Maka dengan adanya evaluasi program dengan menggunakan model CIPP dan pendekatan kualitatif akan diketahui ketercapaian program tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observaai, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 1 kepala Lembaga, 1 pimpinan bagian penyelenggara, 2 instruktur pelatihan dan 2 peserta pelatihan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode serta Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan Conteks program pelatihan ketrampilan menjahit dalam penyelenggaraanya melakukan identfikasi kebutuhan, Sistem Pelatihan Kerja Nasional. Input program pelatihan menjahit mempunyai tujuan menghasilkan tenaga kerja yang ahli, sertifikasi, maupun kemitraan. Proses program pelatihan keterampilan menjahit yang diselenggarakan berjalan dengan sesuai jadwal yang diberikan, sarana dan prsarana, kondisi pembelajaran saat pelatihan kondisinya sangat amat mendukung berkaitan dengan pendidikan nonformal dalam pembelajaran instruktur bisa menghadirkan suasana yang menyenangkan. Pelaksanaan evaluasi dilaksanakan setiap awal program berjalan, dan dikahir program dengan tindak lanjut evaluasi pada saat program sedang berjalan. Produk program pelatihan menjahit peserta pelatihan mampu mengetahui dan memahami Teknik-teknik menjahit dengan baik dan benar Simpulan dari penelitian ini bahwa dalam rangka implementasi pelatihanberbasis kompetensi BBPLK sudah menyusun pedoman penyelenggaraan pelatihan berbasis kompetensi yang memiliki standar kompetensi kerja nasional, unit pelaksanaan pelatihan sudah ditentukan dari pusat, lembaga pelatihan kerja yang dinaungi pemerintah. Saran yang dapat diberikan peneliti yaitu 1. Diharapkan ke depan agar instansi dapat lebih menggali lagi kebutuhan pelatihan yang cocok bagi para peserta pelatihan sehingga melalui kegiatan ini terbentuk sumber daya manusia yang handal serta ahli di bidangnya dan tujuan dari organisasi dapat tercapai 2. Persiapan mengenai alat-alat kantor yang dibagi gratis untuk peserta seharusnya jauh-jauh hari sudah dipersiapkan, sehingga ketika waktu pembagian alat-alat tulis kepada peserta pelatihan pihak penyelnggara tidak kewalahan dalam proses pembagianya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Model CIPP, Pelatihan Menjahit, BBPLK Semarang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
L Education > Special Education > Non-formal education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 01 Aug 2022 06:29
Last Modified: 01 Aug 2022 06:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50812

Actions (login required)

View Item View Item