PENGARUH UPAH DAN TINGKAT KEBUTUHAN PEMAIN BOLA VOLI DALAM MENGIKUTI PERTANDINGAN ANTAR KAMPUNG (TARKAM) DI KOTA SEMARANG


Alliffa Erliana Putri Islami, 6101416052 (2021) PENGARUH UPAH DAN TINGKAT KEBUTUHAN PEMAIN BOLA VOLI DALAM MENGIKUTI PERTANDINGAN ANTAR KAMPUNG (TARKAM) DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101416052 - Alliffa Erliana Putri Islami.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian adalah perkembangan olahraga voli di wilayah Kota Semarang mulai dari kejuaraan resmi hingga non resmi (tarkam) dengan menghasilkan beberapa pemain professional, para pemain tarkam memiliki tingkat kebutuhan yang baik dari hanya bermain tarkam bola voli. Permasalahan dalam penelitian ini adalah tingkat kebutuhan pemain bola voli dalam mengikuti pertandingan antar kampung di kota semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebutuhan pemain bola voli dalam mengikuti pertandingan antar kampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran (mix-method), yaitu dalam melakukan penelitian peneliti menggunakan kombinasi metode kuantitatif dan metode kualitatif. Lokasi Penelitian ini diambil di 3 klub yang sering mengikuti tarkam yang diadakan di Kota Semarang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan angket (kuesioner). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan persentase terhadap kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Hasil penelitian menujukan bahwa menurut sub indikator kebutuhan fisiologi, kebutuhan rasa aman, kebutuhan kepemilikan, kebutuhan penghargaan, kebutuhan aktialisasi diri, tingkat kebutuhan pemain bola voli dalam mengikuti pertandingan antar kampung (tarkam) di Kota Semarang mayoritas pada kategori tinggi. Hal tersebut menunjukan pemain bola voli yang mengikuti pertandingan antar kampung sudah terpenuhi dari keseluruhan sub indikator mulai dari fisiologi atlet, keamanan ketika bertanding, kepemilikan kebutuhan yang bagus, penghargaan yang dianugerahi sesuai jerih payah atlet, dan aktualisasi diri atlet. Dari hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dari itu dengan adanya penelitian tentang pengaruh upah dan tingkat kebutuhan pemain bola voli dalam mengikuti pertandingan antar kampung dapat dibuktikan secara nyata bahwa hal tersebut dapat memenuhi kebutuhan bagi pemain, selain itu pengaruh upah dan tingkat kebutuhan pertandingan tarkam bola voli dapat dipastikan secara fakta bahwa hal tersebut dapat memenuhi kebutuhan pemain bola voli.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bola Voli, Kebutuhan, Tarkam.
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:00
Last Modified: 01 Aug 2022 03:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50793

Actions (login required)

View Item View Item