PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN PUBLIC SERVICE MOTIVATION PADA PERILAKU KERJA INOVATIF MELALUI PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Karyawan Lazismu Provinsi Jawa Tengah)


Kiki Mulyadi, 7311417020 (2021) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN PUBLIC SERVICE MOTIVATION PADA PERILAKU KERJA INOVATIF MELALUI PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Karyawan Lazismu Provinsi Jawa Tengah). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN PUBLIC SERVICE MOTIVATION PADA PERILAKU KERJA INOVATIF MELALUI PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Karyawan Lazismu Provinsi Jawa Tengah)] PDF (PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN PUBLIC SERVICE MOTIVATION PADA PERILAKU KERJA INOVATIF MELALUI PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Karyawan Lazismu Provinsi Jawa Tengah)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku kerja inovatif saat ini menjadi topik hangat pada sektor publik sepertihalnya pelayanan. Pasalnya, perilaku kerja inovatif sering dikaitkan dengan peningkatan efektivitas, efisiensi, dan keterlibatan individu untuk generasi dan implementasi ide-ide baru yang berguna di tempat kerja. Sehingga, ada beberapa faktor anteseden yang dapat membantu tercapainya perilaku kerja inovatif yaitu kepemimpinan transformasional, public service motivation, dan pemberdayaan psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mediasi pemberdayaan psikologis dalam hubungan antara kepemimpinan transformasional dan public service motivation pada perilaku kerja inovatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu Karyawan di Lazismu Provinsi Jawa Tengah. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik proportionate random sampling yang disesuaikan dengan metode Structural Equation Model (SEM), sehingga menghasilkan jumlah sampel sebanyak 150 responden. Metode analisis data pada penelitian ini yaitu metode analisis outer model dan inner model melalui alat analisis yang berupa Smart PLS versi 3.0. Hasil penelitian tidak langsung menunjukkan bahwa pemberdayaan psikologis dapat memediasi hubungan antara kepemimpinan transformasional dan public service motivation pada perilaku kerja inovatif. Namun, hasil penelitian langsung menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh tidak signifikan pada perilaku kerja inovatif dan public service motivation memiliki pengaruh signifikan pada perilaku kerja inovatif. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh tidak signifikan pada perilaku kerja inovatif dan public service motivation memiliki pengaruh signifikan pada perilaku kerja inovatif, serta pemberdayaan psikologis dapat memediasi hubungan antara kepemimpinan transformasional dan public service motivation pada perilaku kerja inovatif. Sehingga, saran untuk pemimpin pada unit kerja Lazismu Provinsi Jawa Tengah agar mengadopsi dan dapat meningkatkan gaya kepemimpinan transformasional supaya dapat memiliki prediksi yang jelas mengenai posisi organisasi pada lima tahun mendatang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Public Service Motivation, Pemberdayaan Psikologis, Perilaku Kerja Inovatif
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:05
Last Modified: 01 Aug 2022 01:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50787

Actions (login required)

View Item View Item