MANAJEMEN PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI (ITE) COLLEGE EAST SINGAPORE
Abdillah Wahab, 6101416080 (2021) MANAJEMEN PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI (ITE) COLLEGE EAST SINGAPORE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah dari 28 Co- Curricullar Activities (CCA) atau ekstrakulikuler di ITE College Eas ekstrakulikuler sepakbola merupakan salah satu ekstrakurikuler yang mempunyai banyak peminat dan salah satu cabang olahraga yang memberikan sumbangan prestasi yang baik bagi sekolah. Hasil pencapaian prestasi tersebut tentunya merupakaan hasil pembinaan yang baik pula yang dilakukan di Ite College East Singapore. Akan tetapi dibalik itu semua pasti peran manajemen turut membantu dalam pencapaian prestasi tersebut. Hal ini yang mendorong peneliti untuk mengetahui bagaimana manajemen di Co- Curricullar Activities (CCA) sepakbola dilihat dari fungsi-fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan. Pendekatan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di PE Departement Ite Collegge East Singapore. Subjek penelitian ini adalah manajer, pelatih ekstrakurikuler, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang Pembinaan Ekstrakurikuler Sepakbola Di (Ite) Collegge East Singapore dari teori fungsi manajemen diperoleh bahwa fungsi Planning secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik sesuai dengan teori yang ada, akan tetapi ada beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki dari sub indikator program latihan, dan penyempurnaan pada sub indikator pendanaan. Fungsi pengorganisasian sudah sesuai dengan teori yang ada,struktur organisasi yang tersetruktur, tujuan organisasi yang jelas, penempatan anggota yang tepat, dukungan lingkungan yang baik, dan koordinasi yang baik. Fungsi kepemimpinan pelaksanaan program latihan sudah sesuai dengan teori yang ada. Pelatih dan pengurus juga sudah melakukan pendekatan sosial guna memotivasi siswa untuk aktif dan berprestasi. Komunikasi yang terjalin antar manajer, pelatih, dan Siswa terjalin sangat baik. Fungsi pengawasan sudah sesuai dengan teori yang ada prestasi yang diraih Co- Curricullar Activities (CCA) sepakbola sudah baik, visi misi serta tujuan pembinaan telah tercapai, dan siswa mengalami perkembangan yang baik pula. kesimpulan bahwa semua fungsi manajemen yaitu planning, organizing, leading, dan controlling sudah berjalan dengan baik dan sejalan dengan pendapat para ahli, namun dua sub indikator didalam fungsi perencanaan yang perlu di perbaiki yaitu program latihan dan alokasi dana.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Ekstrakurikuler, Sepakbola |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 04:21 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 04:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50777 |
Actions (login required)
View Item |