PENERAPAN MODEL PjBL BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR & MINAT WIRAUSAHA


Meida Nikhlati, 4301417077 (2021) PENERAPAN MODEL PjBL BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR & MINAT WIRAUSAHA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301417077 - Meida Nikhlati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Model PjBL merupakan suatu model pembelajaran andalan dalam kurikulum 2013 yang berupaya memberikan kemandirian bagi peserta didik, mampu menuntaskan suatu permasalahan dan gagasan secara berkelompok serta melaporkan hasil proyek tersebut. Chemoentrepreneurship merupakan suatu pendekatan pembelajaran dimana peserta didik mendapatkan kesempatan untuk mengetahui teori kimia serta pengolahan suatu bahan menjadi produk yang bernilai jual sehingga dapat menumbuhkan minat wirausaha peserta didik. Pembelajaran di SMA Kabupaten Pekalongan masih menggunakan pembelajaran satu arah yang berorientasi pada pendidik sehingga menyebabkan peserta didik kesulitan dalam menyangkutpautkan antara materi pembelajaran kimia dengan kehidupan sehari-hari. Peserta didik merasa bosan dan tidak tertarik dengan model pembelajaran satu arah di masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar & minat wirausaha peserta didik setelah penerapan model PjBL berorientasi chemoentrepreneurship. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental dengan One Group Pretest-Posttest Design dengan subjek penelitian meliputi 25 peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Doro Pekalongan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model PjBL berorientasi chemoentrepreneurship, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar & minat wirausaha peserta didik. Pengambilan data dengan metode dokumentasi, tes, observasi dan angket. Hasil belajar kognitif menunjukan bahwa rerata posttest peserta didik sebesar 81,6 yang lebih tingggi dari pretest yaitu 66,48. Rerata hasil belajar afektif sebesar 82,58 dengan kategori sangat baik. Rerata hasil belajar psikomotorik sebesar 73,91 dengan kategori baik. Hasil angket minat wirausaha memiliki rerata 77,37 dengan kategori tinggi. Uji effect size mendapatkan hasil sebesar 1,65 dengan kriteria besar, yang berarti penerapan model PjBL berorientasi Chemoentrepreneurship memberikan efek yang besar terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dan minat wirausaha peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri Doro setelah penerapan model PjBL berorientasi chemoentrepreneurship mengalami peningkatan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PjBL, Chemoentrepreneurship, Hasil Belajar & Minat Wirausaha
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jul 2022 03:48
Last Modified: 29 Jul 2022 03:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50772

Actions (login required)

View Item View Item