PENGARUH ADAPTABILITAS LINGKUNGAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada Pelaku Usaha Mikro Makanan Ringan di Pontianak Timur Kota Pontianak)


BEIDOWI, 7311416064 (2021) PENGARUH ADAPTABILITAS LINGKUNGAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada Pelaku Usaha Mikro Makanan Ringan di Pontianak Timur Kota Pontianak). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH ADAPTABILITAS LINGKUNGAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada Pelaku Usaha Mikro Makanan Ringan di Pontianak Timur Kota Pontianak)] PDF (PENGARUH ADAPTABILITAS LINGKUNGAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada Pelaku Usaha Mikro Makanan Ringan di Pontianak Timur Kota Pontianak)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Usaha kecil dan menengah merupakan sektor vital yang berperan dalam roda perekonomian masyarakat juga negara. Dengan daya serap terhadap tenaga kerja nasional mencapai 97% itu artinya sektor ini sangat penting keberadaannya serta menjadi PR bersama untuk memaksimalkan kinerja sektor ini agar tetap memberikan kontribusi yang positif bagi perekonomian masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adaptabilitas lingkungan, inovasi produk, dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran pada usaha mikro Makanan ringan di Pontianak Timur. Populasi pada penelitian ini yaitu pelaku usaha mikro yang tergabung dalam usaha mikro makanan ringan yang berada di Kecamatan Pontianak Timur sejumlah 103 pelaku usaha. Peneliti menggunakan teknik non probability sampling dengan menggunakan metode sampel jenuh yaitu menggunakan semua anggota populasi sebagai sampel. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Pengujian instrument dilakukan dengan uji validitas dan realibilitas. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan path analysis dengan signifikansi 5% dan bantuan program SPSS Versi 25. Hasil uji penelitian ini menunjukkan bahwa adaptabilitas lingkungan, inovasi produk dan keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil uji path analysis menunjukkan bahwa keunggulan bersaing mampu memediasi pengaruh antara adaptabilitas lingkungan dan inovasi produk secara positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Simpulan pada penelitian ini adalah adabtabilitas lingkungan dan inovasi produk serta keunggulan bersaing dapat meningkatkan kinerja pemasaran usaha mikro Makanan ringan di Pontianak Timur. Keunggulan bersaing juga mampu memediasi pengaruh antara adaptabilitas lingkungan dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran. Saran yang diberikan adalah menggencarkan inovasi terhadap produk yang dihasilkan, baik dari rasa, warna, kemasan, dan yang lainnya. Saran bagi peneliti selanjutnya yaitu diharapkan dapat menambah referensi terhadap variabel inovasi produk dan memperluas lingkup objek penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Adaptabilitas Lingkungan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 29 Jul 2022 04:27
Last Modified: 29 Jul 2022 04:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50767

Actions (login required)

View Item View Item