PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, DAN EARNINGS MANAGEMENT TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan LQ 45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019)


Abriansa, 7211417141 (2021) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, DAN EARNINGS MANAGEMENT TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan LQ 45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, DAN EARNINGS MANAGEMENT TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan LQ 45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia T] PDF (PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, DAN EARNINGS MANAGEMENT TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan LQ 45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia T) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja keuangan perusahaan merupakan suatu hasil dari berbagai keputusan individual yang dibuat secara berkesinambungan oleh manajemen dan digunakan sebagai indikator dalam melihat kondisi keuangan suatu perusahaan. Perusahaan yang sudah go public seharusnya mempunyai kinerja keuangan yang baik dengan tujuan menghimpun modal dari investor. Akan tetapi, banyak perusahaan go public memiliki kinerja keuangan yang kurang baik apabila diukur menggunakan rasio keuangan. Sehingga tidak semua perusahaan di Indonesia yang go public memiliki kinerja keuangan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis corporate governance, corporate social responsibility, dan earnings management dengan menambahkan ukuran perusahaan sebagai variabel yang memoderasi. Populasi penelitian ini adalah perusahaan LQ 45 yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016-2019. Teknik pengambilan sampel di tentukan dengan purposive sampling yang mana didasarkan pada kriteria yang ditetapkan peneliti dan memperoleh 108 unit analisis yang menjadi objek pengamatan. Data yang digunakan berupa data sekunder yaitu laporan keuangan dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi moderasi dengan uji interaksi. Penelitian ini menggunakan aplikasi IBM SPSS 21 sebagai alat analisisnya. Hasil penelitian membuktikan secara empiris bahwa variabel corporate governance dan earnings management mampu berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Sedangkan corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Selanjutnya, ukuran perusahaan mampu memoderasi pengaruh variabel corporate governance dan earnings management terhadap kinerja keuangan perusahaan. Namun, ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi pengaruh variabel corporate social responsibility terhadap kinerja keuangan perusahaan. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu diharapkan dapat memperluas sampel perusahaan dari berbagai sektor dan periode penelitian. Selanjutnya peneliti selanjutnya dapat menambahkan variabel lain yang dapat mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan. Dalam mengukur variabel, diharapkan peneliti selanjutnya dapat menggunakan pengukuran atau metode lain untuk mengukur tiap variabel.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan Perusahaan, Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, Earnings Management, Ukuran Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 29 Jul 2022 03:12
Last Modified: 29 Jul 2022 03:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50761

Actions (login required)

View Item View Item