PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MUATAN IPS MATERI KERAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA KELAS IV SDN 2 SENDANGAGUNG REMBANG


Nur Lailil Rismala, 1401417214 (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MUATAN IPS MATERI KERAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA KELAS IV SDN 2 SENDANGAGUNG REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417214 - Risma Lailil.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Terbatasnya media pembelajaran yang digunakan, menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang diajarkan akan berpengaruh terhadap hasil belajar yang dicapai. Sehingga dikembangkan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis articulate storyline. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan, kelayakan, dan keefektifan multimedia interaktif berbasis articulate storyline. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan, menguji kelayakan dan keefektifan multimedia interaktif berbasis articulate storyline pada muatan IPS materi keragaman budaya di Indonesia kelas IV SDN 2 Sendangagung Rembang. Dengan menggunakan prosedur penelitian Research and Development (R&D) yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Sampel dari penelitian adalah 30 siswa kelas IV SDN 2 Sendangagung Rembang untuk uji pemakaian produk kelompok besar dan 9 siswa kelas IV SDN 1 Sendangagung Rembang untuk uji coba produk kelompok kecil. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes yang meliputi pretest dan posttest, dan teknik non tes meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) multimedia interaktif berbasis articulate storyline telah dikembangkan sesuai prosedur yang digunakan, (2) multimedia interaktif berbasis articulate storyline dinyatakan sangat layak oleh validator ahli dengan presentase ahli media sebesar 100% dan ahli materi sebesar 95%, (3) penggunaan multimedia interaktif berbasis articulate storyline berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dengan nilai signifikansi uji t pada uji coba kelompok kecil sig (2-tailed) = 0,000 dan n-gain = 0,49 dengan kategori sedang, nilai pada uji pemakaian kelompok besar yaitu sig (2-tailed) = 0,000 dan n-gain = 0,48 dengak kategori sedang. Serta memperoleh respon positif dari siswa dan guru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis articulate storyline yang peneliti kembangkan dinyatakan layak dan efektif dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV. Saran dalam penelitian ini yaitu multimedia interaktif berbasis articulate storyline dapat digunakan sebagai salah satu media yang inovatif dan efektif terhadap hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: articulate storyline, hasil belajar IPS, multimedia interaktif
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jul 2022 03:04
Last Modified: 29 Jul 2022 03:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50760

Actions (login required)

View Item View Item