ANALISIS KOMPENSASI MANAJEMEN, CAPITAL INTENSITY RATIO, UKURAN PERUSAHAAN, DAN REPUTASI AUDITOR TERHADAP MANAJEMEN PAJAK


Yudistira Adhi Prabu Damha, 7211417116 (2021) ANALISIS KOMPENSASI MANAJEMEN, CAPITAL INTENSITY RATIO, UKURAN PERUSAHAAN, DAN REPUTASI AUDITOR TERHADAP MANAJEMEN PAJAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KOMPENSASI MANAJEMEN, CAPITAL INTENSITY RATIO, UKURAN PERUSAHAAN, DAN REPUTASI AUDITOR TERHADAP MANAJEMEN PAJAK] PDF (ANALISIS KOMPENSASI MANAJEMEN, CAPITAL INTENSITY RATIO, UKURAN PERUSAHAAN, DAN REPUTASI AUDITOR TERHADAP MANAJEMEN PAJAK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Manajemen pajak menjadi suatu alat bagi perusahaan untuk menekan beban pajak yang akan dikenakan. Manajemen pajak tidak selalu buruk selama masih memenuhi kewajiban perpajakannya. Tujuan penelitian ini untuk melihat apakah kompensasi manajemen, capital intensity ratio, ukuran perusahaan, dan reputasi auditor berpengaruh terhadap manajemen pajak. Penelitian ini menggunakan teori agensi, kepatuhan, dan kekuatan politik. Teori agensi menjelaskan adanya perbedaan kepentingan sehingga muncul biaya agensi sebagai dampak mengurangi perbedaan kepentingan. Teori kepatuhan menjelaskan seorang individu melakukan suatu hal jika membawa keuntungan. Teori kekuatan politik menjelaskan pengaruh perusahaan dalam mengelola sumber dayanya. Populasi penelitian ini adalah perusahaan leasing yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2015-2019. Pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sample. Sampel yang digunakan sebanyak 9 perusahaan leasing dengan unit analisis 45 dan kemudian menjadi 35 unit analisis. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji signifikan parameter individual, dan uji signifikansi simultan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara partial, kompensasi manajemen dan reputasi auditor tidak berpengaruh positif terhadap manajemen pajak. Capital intensity ratio dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap manajemen pajak. Kompensasi manajemen, capital intensity ratio, ukuran perusahaan, dan reputasi auditor secara simultan berpengaruh terhadap manajemen pajak. Saran untuk penelitian selanjutnya untuk menambah atau menggunakan variabel dependen yang lain dan menggunakan proksi lain untuk mengukur manajemen pajak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pajak, Kompensasi Manajemen, Capital Intensity Ratio, Ukuran Perusahaan, Reputasi Aduitor.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 29 Jul 2022 02:58
Last Modified: 29 Jul 2022 02:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50759

Actions (login required)

View Item View Item