PENGARUH PERUBAHAN TEMPERATUR GAS BUANG TERHADAP KARAKTERISTIK MODUL TERMOELEKTRIK GENERATOR SEBAGAI SUMBER ENERGI LISTRIK ALTERNATIF PADA SEPEDA MOTOR 150CC


Muhammad Bustamiyatno, 5202414048 (2021) PENGARUH PERUBAHAN TEMPERATUR GAS BUANG TERHADAP KARAKTERISTIK MODUL TERMOELEKTRIK GENERATOR SEBAGAI SUMBER ENERGI LISTRIK ALTERNATIF PADA SEPEDA MOTOR 150CC. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202414048 - Muhammad Bustamiyatno.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan temperatur gas buang pada knalpot yang fluktuatif terhadap karakteristik output tegangan dan arus modul TEG yang dipasang pada leher knalpot sebagai sumber energi listrik alternatif pada sepeda motor 150cc. Serta mengetahui efektivitasnya apabila digunakan mengisi daya smartphone. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dari penggunaan dua modul termoelektrik berbeda, yaitu TEG SP1848-27145 SA dan TEC1-12706. Pengujian temperatur sisi panas dan sisi dingin menggunakan termokopel tipe-K, sedangkan pengujian tegangan dan arus output modul TEG menggunakan alat multimeter. Pengujian efektivitas pengisian daya smartphone menggunakan multimeter. Data hasil penelitian yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Hasil pengujian diketahui bahwa besarnya tegangan, arus, dan daya output yang dihasilkan modul TEG berbanding lurus dengan beda temperatur yang terjadi. Pada pengujian pengaruh beda temperatur terhadap tegangan output modul TEG tegangan tertinggi dihasilkan pada beda temperatur 43,6 °C sebesar 5,08 V. Pada pengujian dengan beban lampu 5W 12V diketahui beda temperatur tertinggi sebesar 39 °C menghasilkan output tegangan sebesar 3,05 V, arus sebesar 302 mA, dan daya sebesar 0,921 Watt. Sedangkan pada pengujian efektivitas pemanfaatan energi listrik yang dihasilkan modul TEG dinilai efektif karena sistem yang dirancang berupa rangkaian yang terintegrasi dengan boost converter mampu mengisi daya smartphone dengan tegangan output 5,2 V.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul TEG, beda temperatur, tegangan, arus, efektifitas
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 29 Jul 2022 03:03
Last Modified: 29 Jul 2022 03:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50758

Actions (login required)

View Item View Item