PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH DINIYAH AWALIYAH TARBIYATUS SHIBYAN DI DESA IGIRKLANCENG KECAMATAN SIRAMPOG, KABUPATEN BREBES


SITI NURAENI, 1201417051 (2021) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH DINIYAH AWALIYAH TARBIYATUS SHIBYAN DI DESA IGIRKLANCENG KECAMATAN SIRAMPOG, KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201417051 - Siti Nuraeni.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dari berbagai tindakan buruk yang terjadi saat ini, salah satunya krisis moral yang semakin parah dan sangat mengkhawatirkan, untuk itu perlu adanya pendidikan. Namun tidak hanya pendidikan formal saja yang dipelajari akan tetapi pendidikan tambahan seperti pendidikan nonformal yang di lakukan di Madrasah Diniyah Awaliyah terutama bagi anak-anak dalam masa pembentukan karakter dan aqidah akhlak dengan adanya Madrasah ini diharapkan agar bisa membentuk karakter murid, Madrasah Diniyah Awaliyah adalah lembaga Pendidikan nonformal yang menerapkan adanya pembentukan karakter melalui pelajaran aqidah akhlak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan, hasil serta faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan Pendidikan karakter melalui pelajaran aqidah akhlak, Penelitian ini mengunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian berada di Jln. Masjid Baitul Muttaqin Desa Igirklanceng Rt.01/02 Kec Sirampog Kab. Brebes. Subjek penelitian ada sebelas orang yang terdiri dari kepala madrasah, walikelas, dua orang ustadzah, enam murid dan satu sekretaris madrasah sebagai informan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan pendidikan karakter melalui pelajaran aqidah akhlak di madrasah diniyah awaliyah tarbiyatus shibyan sangat berpengaruh positif pada perubahan karakter murid karena didalam pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan dengan cara melakukan kebiasaan menerapkan nilai-nilai karakter dan internalisasi nilai-nilai karakter didalam pembelajaran yang membuat iklim belajar menyenangkan, otidak membosankan dan murid menjadi terbiasa. Simpulan dari penelitian ini ialah bahwa pada proses pelaksanaan Pendidikan karakter melalui pelajaran aqidah akhlak. Dapat membuat murid menjadi terbiasa, sehingga dari murid yang awalnya memiliki karakter kurang baik setelah adanya pelaksanaan pendidikan karakter sebagian karakter murid menjadi lebih baik. Saran dari peneliti untuk madrasah diniyah awaliyah tarbiyatus shibyan yaitu segera menambah jumlah kelas karena karena dengan jumlah kelas yang memadai maka proses pembelajaran akan efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, akidah akhlak, madrasah
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
L Education > Special Education > Non-formal education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jul 2022 02:57
Last Modified: 29 Jul 2022 02:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50757

Actions (login required)

View Item View Item