DETERMINAN IHSG DI BURSA EFEK INDONESIA SEBELUM DAN PADA SAAT PANDEMI COVID-19


Eni Nur Hidayati, 7111417096 (2021) DETERMINAN IHSG DI BURSA EFEK INDONESIA SEBELUM DAN PADA SAAT PANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DETERMINAN IHSG DI BURSA EFEK INDONESIA SEBELUM DAN PADA SAAT PANDEMI COVID-19] PDF (DETERMINAN IHSG DI BURSA EFEK INDONESIA SEBELUM DAN PADA SAAT PANDEMI COVID-19) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan indeks saham Asia terus mengalami penurunan, IHSG menjadi salah satu indeks saham yang terkoreksi cukup dalam dibandingkan dengan indeks saham negara Asia yang lain seperti Singapura, China, Hongkong dan Jepang. Penurunan indeks saham ini karena adanya fenomona global yaitu pandemi Covid-19 yang telah menjangkiti banyak negara di dunia. Tingginya kasus Covid-19 di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia memberikan sentimen negatif terhadap pasar modal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh suku bunga, kurs rupiah, inflasi dan harga minyak dunia terhadap IHSG sebelum dan pada saat pandemi Covid-19 di Bursa Efek Indonesia, serta untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara suku bunga, kurs, inflasi, dan harga minyak dunia terhadap IHSG sebelum dan pada saat pandemi Covid-19 dalam jangka panjang dan jangka pendek. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Error Correction Models (ECM) dan uji chow. Penelitian ini menggunakan data mingguan dari bulan Januari 2019 sampai April 2021. Hasil penelitian menunjukkan sebelum pandemi Covid-19, suku bunga dan harga minyak dunia berpengaruh signifikan dalam jangka panjang dan tidak berpengaruh signfikan dalam jangka pendek, kurs rupiah berpengaruh signifikan dalam jangka panjang dan jangka pendek, sedangkan inflasi tidak berpengaruh signifikan dalam jangka panjang dan berpengaruh signifikan dalam jangka pendek terhadap IHSG. Pada saat pandemi Covid-19, suku bunga berpengaruh signifikan dalam jangka panjang dan tidak berpengaruh signifkan dalam jangka pendek, kurs rupiah dan harga minyak dunia berpengaruh signifikan dalam jangka panjang dan jangka pendek, sedangkan inflasi tidak berpengarih signfikan dalam jangka panjang dan jangka pendek terhadap IHSG. Selanjutnya, dari hasil uji chow, tidak terdapat perbedaan sebelum dan pada saat pandemi Covid-19 dalam jangka panjang dan terdapat perbedaan sebelum dan pada saat pandemi Covid-19 dalam jangka pendek yang mempengaruhi stabilitas regresi atau dengan kata lain hubungan antara return IHSG dengan suku bunga, kurs rupiah, inflasi dan harga minyak dunia mengalami perubahan struktural.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Covid-19, IHSG, Suku Bunga, Kurs Rupiah, Inflasi, Harga Minyak Dunia.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 29 Jul 2022 02:36
Last Modified: 29 Jul 2022 02:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50752

Actions (login required)

View Item View Item