ANALISIS KEPUTUSAN BEKERJA SEBAGAI GURU HONORER DI KABUPATEN WONOGIRI


Rahmat Zamroni, 7111414102 (2021) ANALISIS KEPUTUSAN BEKERJA SEBAGAI GURU HONORER DI KABUPATEN WONOGIRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KEPUTUSAN BEKERJA SEBAGAI GURU HONORER DI KABUPATEN WONOGIRI] PDF (ANALISIS KEPUTUSAN BEKERJA SEBAGAI GURU HONORER DI KABUPATEN WONOGIRI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data dari Kemdikbud Jawa Tengah (2018), Kabupaten Wonogiri memiliki jumlah guru honorer yang besar yaitu sebanyak 3.868 orang atau sekitar 30,07%. Adapun gaji yang seharusnya mereka terima per bulannya sebesar Rp. 1.542.000. Berdasarkan Pasal dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dalam Pasal 14 yang menyatakan, semua guru dalam rangka melaksanakan tugas keprofesionalannya berhak memperoleh penghasilan yang layak di atas kebutuhan hidup minimum yang berupa gaji pokok dan tunjangan yang melekat pada gaji, tunjangan profesi, tunjangan fungsional, maslahat tambahan, dan lain-lain tunjangan yang berhak untuk didapatkan oleh guru. Kalau dilihat dari kenyataan gaji guru honorer jauh dari kenyataan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa pendapatan merupakan dasar keputusan guru honorer dan untuk menganalisis faktor yang paling menentukan tentang keputusan guru honorer tetap bertahan menjadi guru honorer. Data penelitian ini diperoleh dari Kementerian Pendidikan, dan kuesioner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dasar keputusan guru honorer di Kabupaten Wonogiri untuk tetap menjadi guru honorer dikarenakan menjadi guru honorer dapat meningkatnya harga diri dan pemantapan identitas dengan skor indeks yang diperoleh sebesar 80% berada dalam kategori baik. Saran yang dapat diberikan kepada pemerintah seharusnya lebih memperhatikan pemenuhan kebutuhan sosial. Kurangnya komunikasi, hubungan dan rutinitas antara pemerintah dengan guru honorer membuat aspirasi mereka tidak dapat diwujudkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guru Honorer, Keputusan Bekerja, Kesejahteraan, Statistik Deskriptif
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 28 Jul 2022 08:26
Last Modified: 28 Jul 2022 08:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50742

Actions (login required)

View Item View Item