PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOLABORASI PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI


Dilla Rosalia Damayanti, 4401416029 (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOLABORASI PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401416029    - Dilla RD.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kolaborasi dapat ditumbuhkan pada diri peserta didik melalui kegiatan diskusi yang dapat dilaksanakan dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai panduan. Berdasarkan angket kemampuan kolaborasi yang diberikan kepada peserta didik Kelas XI MIPA diketahui bahwa kemampuan kolaborasi peserta didik termasuk kategori cukup. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang digunakan dalam pembelajaran diperoleh dari penerbit sehingga kurang meningkatkan pemahaman dan kemampuan kolaborasi peserta didik. Pengembangan LKPD dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi seperti memanfaatkan quizizz yang dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan. Oleh karena itu perlu dikembangkan LKPD yang dapat meningkatkan kemampuan kolaborasi peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis karakteristik dan kelayakan LKPD dengan quizizz sehingga dapat meningkatkan kemampuan kolaborasi pada materi sistem reproduksi. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) yang dibatasi sampai skala kecil. Penelitian dilaksanakan di SMA N 12 Semarang pada Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) divalidasi oleh 3 dosen ahli yaitu ahli materi, media dan soal. Keterbacaan LKPD dinilai oleh guru dan 9 peserta didik Kelas XI MIPA berdasarkan tingkat kategori pengetahuan. Hasil validasi oleh validator media, materi, dan soal semua menunjukkan hasil yang sangat layak dengan persentase 95% untuk validasi media, 87,5% untuk validasi materi, dan 98,70% untuk validasi soal. Hasil uji skala kecil dari tanggapan guru menunjukkan hasil sangat baik semua dengan rata-rata persentase 90% untuk LKPD dengan quizizz, silabus sebesar 95%, dan RPP sebesar 96,67%. Hasil tanggapan peserta didik terhadap LKPD menunjukkan hasil sangat baik dengan persentase 83,52%. Hasil angket kemampuan kolaborasi peserta didik menunjukkan bahwa kemampuan kolaborasi peserta didik berada pada kategori kolaboratif. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD dengan quizizz, silabus, dan RPP yang dikembangkan dikatakan layak untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kolaborasi, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Quizizz, Sistem Reproduksi
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 28 Jul 2022 07:12
Last Modified: 28 Jul 2022 07:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50741

Actions (login required)

View Item View Item