Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Persepsi Profesi Guru, dan Motivasi Mengajar terhadap Kesiapan Menjadi Guru Melalui Self Efficacy sebagai Variabel Intervening


Mega Wahyu Ningtyas, 7101417037 (2021) Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Persepsi Profesi Guru, dan Motivasi Mengajar terhadap Kesiapan Menjadi Guru Melalui Self Efficacy sebagai Variabel Intervening. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Persepsi Profesi Guru, dan Motivasi Mengajar terhadap Kesiapan Menjadi Guru Melalui Self Efficacy sebagai Variabel Intervening] PDF (Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Persepsi Profesi Guru, dan Motivasi Mengajar terhadap Kesiapan Menjadi Guru Melalui Self Efficacy sebagai Variabel Intervening) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Kesiapan menjadi seorang guru adalah kondisi dimana seseorang sudah yakin, dan memiliki kesediaan serta kemampuan yang cukup baik secara fisik, mental, emosional dalam menjalankan tugas utamanya sebagai guru. Berdasarkan hasil Ujian Kompetensi Guru tahun 2019, masih banyak guru yang memiliki nilai rendah dibawah rata-rata. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), persepsi profesi guru, dan motivasi mengajar tehadap kesiapan menjadi guru melalui self efficacy sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah 225 mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNNES angkatan 2017 yang telah melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang terdiri dari tiga program studi yaitu Pendidikan Administrasi Perkantoran, Pendidikan Akuntansi, dan Pendidikan Koperasi. Teknik Pengambilan Sampel menggunakan teknik proportional random sampling dan insidental dengan menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel sebanyak 156 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM), dan uji hipotesis dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 23 dan Lisrel 8.8. Hasil perhitungan penelitian diperoleh persamaan regresi KMG=1.10*SE+0.08*PPL + 0.13*PPGU-0.27*MMG, Errorvar.=0.020,R²=0.98 dan self efficacy=SE=0.29*PPL-0.23*PPGU+0.84*MMG, Errorvar.=0.17, R²=0.83. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), persepsi profesi guru, dan self efficacy memiliki pengaruh positif secara langsung terhadap kesiapan menjadi guru, variabel motivasi mengajar berpengaruh negatif secara langsung terhadap kesiapan menjadi guru. Dan variabel Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), persepsi profesi guru, dan motivasi mengajar memiliki pengaruh yang positif dengan menggunakan self efficacy sebagai variabel intervening terhadap kesiapan menjadi guru. Simpulan penelitian ini adalah peningkatan kesiapan mahasiswa untuk menjadi guru dapat dicapai dengan meningkatakan dan melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), persepsi profesi guru, motivasi mengajar serta self efficacy sebagai kunci utama dalam peningkatan kesiapan menjadi guru. Mahasiswa harus lebih bersungguh-sungguh dalam meningkatkan kemampuan dan pengetahuan diri untuk menjadi seorang guru seperti ikut serta dalam seminar pendidikan, dan turut aktif dalam perkuliahan sehingga lebih siap untuk menjadi guru profesional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Persepsi Profesi Guru, Motivasi Mengajar, Self Efficacy, Kesiapan Menjadi Guru
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 28 Jul 2022 06:37
Last Modified: 28 Jul 2022 06:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50728

Actions (login required)

View Item View Item