PERAN KONSEP DIRI DALAM MEMODERASI DETERMINAN KEPUTUSAN MEMILIH PROGRAM STUDI (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2019)


Nurin Nadliroh, 7101416160 (2021) PERAN KONSEP DIRI DALAM MEMODERASI DETERMINAN KEPUTUSAN MEMILIH PROGRAM STUDI (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN KONSEP DIRI DALAM MEMODERASI DETERMINAN KEPUTUSAN MEMILIH PROGRAM STUDI (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2019)] PDF (PERAN KONSEP DIRI DALAM MEMODERASI DETERMINAN KEPUTUSAN MEMILIH PROGRAM STUDI (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2019)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Keputusan memilih jurusan merupakan salah satu penerapan keputusan pembelian konsumen dalam memilih layanan jasa pendidikan. Mahasiswa memiliki berbagai pertimbangan sebelum menentukan jurusan dan perguruan tinggi mana yang akan dipilih. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran konsep diri dalam memoderasi pengaruh status sosial ekonomi, prospek karier, dan fasilitas terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih prodi pendidikan akuntansi Universitas Negeri Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan angket sebagai instrumen pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah 115 mahasiswa aktif program studi Pendidikan Ekonomi (Akuntansi) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2019. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi moderasi. Hasil deskriptif variabel keputusan memilih program studi, status sosial ekonomi, prospek karier, fasilitas, dan konsep diri masuk dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan status sosial ekonomi dan fasilitas berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap keputusan memilih program studi. Berlainan dengan prospek karier yang berpengaruh positif signifikan. Variabel konsep diri yang diajukan sebagai moderasi tidak mampu memperkuat pengaruh status sosial ekonomi, prospek karier, dan fasilitas terhadap keputusan memilih program studi. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa konsep diri tidak mampu memoderasi pengaruh variabel independen terhadap keputusan memilih program studi pendidikan akuntansi. Variabel independen yang berpengaruh positif dan signifikan hanya prospek karier. Saran yang diberikan dalam penelitian adalah pihak jurusan perlu mempertahankan dan meningkatkan persepsi baik mahasiswa terhadap prospek karier pendidikan akuntansi dengan meningkatkan layanan akademik, memperluas jaringan kerja sama serta pengembangan kurikulum.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keputusan Memilih Program Studi, Status Sosial Ekonomi, Prospek Karier, Fasilitas, Konsep Diri.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 28 Jul 2022 06:08
Last Modified: 28 Jul 2022 06:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50727

Actions (login required)

View Item View Item