PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, STATUS SOSIAL EKONOMI, DAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI MELALUI EFIKASI DIRI (Studi Pada Siswa Kelas XII SMA N 1 Watumalang Kabupaten Wonosobo Tahun 2019/2020)


Fatonah, 7101415317 (2021) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, STATUS SOSIAL EKONOMI, DAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI MELALUI EFIKASI DIRI (Studi Pada Siswa Kelas XII SMA N 1 Watumalang Kabupaten Wonosobo Tahun 2019/2020). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, STATUS SOSIAL EKONOMI, DAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI MELALUI EFIKASI DIRI (Studi Pada Siswa Kelas XII SMA N 1 Watumalang Kabupaten Wonosobo Tahun 2019/2020)] PDF (PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, STATUS SOSIAL EKONOMI, DAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI MELALUI EFIKASI DIRI (Studi Pada Siswa Kelas XII SMA N 1 Watumalang Kabupaten Wonosobo Tahun 2019/2020)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas sumber daya manusia terus dikembangkan seiring dengan ketatnya persaingan dunia kerja di era industri 4.0 melalui perguruan tinggi. Namun, minat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi masih rendah. Upaya menumbuhkan minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa diyakini dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, status sosial ekonomi dan lingkungan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi siswa kelas XII SMA N 1 Watumalang. Disamping itu juga untuk mengetahui peran efikasi diri dalam memediasi pengaruh motivasi belajar, status sosial ekonomi dan lingkungan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi siswa kelas XII SMA N 1 Watumalang. Populasi dalam penelitian ini 96 siswa kelas XII SMA N 1 Watumlang yang dijadikan sebagai objek penelitian. Pengambilan data dengan menyebarkan kuesioner yang dibagikan kepada siswa. Analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji jalur dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar, status sosial ekonomi, dan lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Selain itu, motivasi belajar, status sosial ekonomi dan lingkungan juga berpengaruh terhadap efikasi diri secara positif dan signifikan. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa efikasi diri dapat memediasi pengaruh motivasi belajar, status sosial ekonomi dan lingkungan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Namun dalam hasil analisis jalur tersebut efikasi diri menunjukkan partial mediation. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dalam kategori baik dengan variabel paling berpengaruh adalah motivasi belajar. Sehingga saran yang diberikan yaitu siswa harus rajin belajar, mencari informasi tentang perguruan tinggi serta mempersiapkan diri untuk untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi. Guru dapat membantu mengarahkan dan membimbing serta memotivasi siswa yang sudah memiliki minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Keluarga juga harus memberikan dukungan baik dukungan moral maupun finansial untuk mendukung minat siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi, Motivasi Belajar, Status Sosial Ekonomi, Lingkungan, Efikasi Diri.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 28 Jul 2022 05:55
Last Modified: 28 Jul 2022 05:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50726

Actions (login required)

View Item View Item