FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELELAHAN KERJA PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI DI PABRIK KAYU BARECORE CV. X


Wulan Dwi Lestari, 6411416060 (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELELAHAN KERJA PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI DI PABRIK KAYU BARECORE CV. X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELELAHAN KERJA PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI DI PABRIK KAYU BARECORE CV. X] PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELELAHAN KERJA PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI DI PABRIK KAYU BARECORE CV. X) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

International Labour Organization (ILO) menyatakan setiap tahun sebanyak dua juta pekerja meninggal dunia karena kecelakaan kerja yang disebabkan oleh faktor kelelahan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di CV. X diketahui sebanyak 29,7% responden yang mengalami kelelahan kerja mempunyai riwayat kecelakaan kerja selama satu tahun terakhir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kelelahan kerja pada pekerja bagian produksi di Pabrik Kayu Barecore CV. X. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan desain penelitian cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner Industrial Fatique Rating Comitte (IFRC), bangku harvard, timbangan berat badan dan microtoise. Data dianalisis menggunakan uji chi-square dan uji alternatifnya yaitu uji fisher exact. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara masa kerja (PR=5,911; 95% CI=1,576-22,174) dengan kelelahan kerja pada pekerja bagian produksi di Pabrik Kayu Barecore CV. X. Sedangkan hasil analisis variabel status gizi menggunakan uji Chi-square (p-value = 0,716) dan variabel kebugaran jasmani menggunakan uji Fisher Exact Test (p-value = 0,355) menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan dengan kelelahan kerja. Saran penelitian ini adalah melakukan pergantian bagian kerja secara berkala pada pekerja sebagai upaya mengurangi kejadian kelelahan kerja yang disebabkan karena berkerja di bagian kerja yang sama dalam masa kerja berisiko (> 3 tahun).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Faktor Risiko, Kelelahan, Pabrik Kayu
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:50
Last Modified: 28 Jul 2022 04:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50721

Actions (login required)

View Item View Item